Harga Emas Dunia Jatuh, Harga Logam Mulia Antam Turun Rp 5.000/Gram

Image title
10 Januari 2020, 09:02
harga emas, amerika serikat vs iran
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, emas batangan PT Aneka Tambang di butik Gedung Ravindo, Jakarta (14/10/2019). Harga emas Antam pada Jumat (10/1) berada di angka Rp 777 ribu per gram.

Harga emas dunia melemah setelah konflik Iran vs Amerika mulai reda. Harga logam mulia Antam pun turun Rp 5.000 menjadi Rp 777 ribu per gram pada perdagangan Jumat (10/1).

Dilansir dari Reuters, harga emas di pasar spot pada perdagangan kemarin sempat turun hingga menyentuh US$ 1.539,78 per ons sebelum naik kembali ke level US$ 1.552,28 per ons. Namun, harga emas pada Jumat (10/1) pukul 08.25 WIB kembali turun ke level US$ 1.551,82 per ons.

Konflik antara AS dan Iran yang mulai reda meningkatkan minat investor mencari aset yang beresiko demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal tersebut berdampak negatif bagi emas yanng biasanya dikoleksi ketika ada ketidakpastian ekonomi dan politik.

"Kembalinya gairah investor untuk mengambil investasi yang beresiko kemungkinan akan membuat harga emas melemah dalam periode pendek," kata Bank Analyst Standard Chartered Suki Cooper seperti dikutip dari Reuters.

Head of Base and Precious Metals Derivatives Trading di BMO Tai Wong mengatakan harga emas bergerak sangat sensitif terhadap isu yang berkaitan dengan Iran atau serangan rudal di Baghdad. Biarpun begitu, dia yakin harga emas tetap akan berada di atas level harga US$ 1.525 per ons, sebelum terjadi serangan AS.

(Baca: Harga Logam Mulia Antam Turun Tajam Hingga Rp 17 Ribu per Gram)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...