10 Tren Teknologi 2020, Kecerdasan Buatan dan 5G Berkembang Pesat

Fahmi Ahmad Burhan
13 Januari 2020, 06:54
tren teknologi, tren perkembangan teknologi 2020, kecerdasan buatan, 5G, Internet of things, blockchain
ANTARA FOTO/REUTERS/Steve Marcus
Ilustrasi. Pengembangan kecerdasan buatan atau aritificial intelegence akan mendominasi tren teknologi pada 2020.

Lembaga riset global Alibaba DAMO Academy merilis laporan terkait prediksi 10 tren perkembangan teknologi pada 2020. Tren perkembangan teknologi tersebut ditandai dengan terobosan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), komputasi awan atau cloudblockchain, data intelligence dan 5G. 

"Kita hidup di era dengan pertumbuhan teknologi yang pesat, khususnya, generasi baru TI. Ini yang diharapkan dapat mempercepat jalannya ekonomi digital," kata Head of Alibaba DAMO Academy dan President of Alibaba Cloud Intelligence Jeff Zhan pada siaran persnya Minggu (11/1).

Advertisement

Adapun tren perkembangan teknologi tersebut, yakni pertama, teknologi AI akan berkembang dari sebelumnya  hanya kecerdasan perseptual menjadi kecerdasan kognitif. Sejauh ini AI telah melampaui batas manusia di bidang kecerdasan 
perseptual, seperti munculnya teknologi speech to text,  kemampuan memeroses bahasa alami atau natural language processing (NLP), pemahaman video, dan sebagainya. 

Pada 2020, AI akan berkembang menjadi bidang kecerdasan kognitif yang membutuhkan pengetahuan eksternal, penalaran logis, atau migrasi domain.

(Baca: Samsung Kenalkan Neon, Avatar Digital yang Bisa Berdialog & Bersimpati)

Kedua, perkembangan teknologi in-memory-computing komputasi AI. Sebelumnya, dalam arsitektur Von Neumann, memori dan prosesor AI terpisah, komputasinya pun membutuhkan data untuk terus bergerak. Kini memori dan prosesor akan menyatu bersama dan komputasi dilakukan di mana data disimpan dengan gerakan data minimal.

Ketiga, penggunaan internet of things atau IoT pada sektor industri akan semakin pesat. Dengan begitu, perusahaan manufaktur dapat merasakan teknologi otomatisasi mesin, logistik di pabrik, dan penjadwalan produksi, sebagai cara untuk merealisasikan model bisnis manufaktur pintar atau consumer to business smart manufacturing.

Keempat, mulai terjadinya kolaborasi skala besar antar mesin. Pengembangan teknologi penginderaan kolaboratif dari IoT dan teknologi komunikasi 5G akan mewujudkan kolaborasi di antara banyak produsen mesin. Mereka akan bekerja sama dan bersaing satu sama lain untuk menyelesaikan targetnya.

Kelima, tren desain modular dalam membantu proses kerja chip lebih mudah dan lebih cepat. Metode desain modular berdasarkan chiplets  atau pembuat chip menggunakan metode pengemasan canggih dan memiliki fungsi berbeda secara bersamaan. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement