Virus Corona Menyebar ke Lima Negara, Termasuk AS

Martha Ruth Thertina
22 Januari 2020, 09:21
Virus Corona, Coronavirus, Penyebaran Coronavirus, Virus Wuhan
ANTARA FOTO/REUTERS/Yonhap
Seorang anggota tim penyelamat berjalan melewati sebuah pengumuman tentang virus corona baru di rumah sakit di Incheon, Korea Selatan, Senin (20/1/2020).

Virus baru yang masuk golongan virus corona (coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Tiongkok bagian tengah ini dilaporkan telah menyebar setidaknya ke lima negara, yaitu Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat (AS).

Bloomberg memberitakan, berdasarkan data beberapa otoritas kesehatan kota dan nasional per 21 Januari 2020 pukul 14.00 EST, telah ditemukan total 296 orang terjangkit virus corona. Jumlah terbanyak di Tiongkok yaitu 291 orang, diikuti Thailand dua orang, lalu Korea Selatan, Jepang, Taiwan, serta AS masin-masing satu orang.

Advertisement

Otoritas kesehatan disebut bertindak agresif dalam menangani penyebaran virus ini lantaran jumlah orang yang ditemukan terjangkit meningkat dua kali lipat selama akhir pekan lalu. Satu orang warga AS yang didiagnosis terjangkit virus ini baru saja bepergian ke Wuhan, Tiongkok, yang merupakan pusat penyebaran virus ini.

(Baca: Rupiah Pagi Ini Melemah di Tengah Ketakutan Wabah Virus Corona)

Warga Snohomish, Washington tersebut terjangkit meski mengaku tidak menghabiskan waktu di pasar hewan di mana virus Wuhan dipercaya berasal, dan tidak melakukan kontak dengan siapa pun yang dalam keadaan sakit.

Sebagaimana saat penyebaran SARS dan Ebola, para pejabat kesehatan dan ilmuan melacak pasien dan melakukan pengecekan sample ludah dan cairan lain untuk menentukan penyebab persis penyakit serta tingkat keparahannya. Mereka mengidentifikasi dan memonitor orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien. Selain itu, mereka juga menetapkan larangan perjalanan unuk mencegah penyebaran virus ke orang lain.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) dilaporkan sudah memperluas inspeksi terhadap penumpang pesawat ke Bandara di Atlanta dan Chicago, pada Selasa (21/1). Sebanyak 1.200 orang menjalani pengecekan. Pengecekan dilakukan atas penumpang yang bepergian ke Tiongkok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement