BKPM: Ada Perubahan Fundamental Iklim Investasi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27 Januari 2020, 15:34
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

JAKARTA—Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) mempertahankan peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil atau investment grade. Rating ini sangat penting, mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang tetap tegar di tengah menurunnya perekonomian global.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai outlook kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebab, pihak luar mulai melihat ada perubahan sangat fundamental terkait iklim investasi langsung yang dilakukan pemerintah melalui BKPM.

Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi Rizal Calvary Marimbo mengatakan outlook kali ini bukan semata-mata baiknya bauran kebijakan makro dan moneter. “Lebih dari itu, pihak luar mulai membaca ada perubahan fundamental iklim investasi langsung di dalam negeri yang selama ini tidak berani disentuh. Lalu disentuh oleh kepemimpinan baru,” ujar Rizal di Jakarta hari ini dalam keterangannya.

Rizal mengatakan, saat ini pemerintah banyak mengubah kebijakan secara fundamental untuk mendorong investasi langsung asing (Foreign Direct Investment/FDI). Di antaranya, dengan membuat sentralisasi perizinnan di BKPM melalui Instruksi Presiden No. 7 Tahun 2019, kebijakan Omnibus Law, dan kebijakan internal BKPM yaitu Satuan Tugas Percepatan Investasi.   

 Dengan kebijakan ini, investment grade kali ini terasa berbeda dari grade-grade sebelumnya. “Sehingga kami yakin dengan kepemimpinan yang kuat di badan investasi ini, grade ini akan berdampak lebih besar kepada masuknya investasi langsung,” ucap Rizal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...