Virus Corona Bisa Menular Via Mata, Kemenkes: Bukan Karena Bertatapan

Rizky Alika
31 Januari 2020, 18:37
virus corona, cara penularan virus corona
Petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang memeriksa kesehatan enam warga negara Tiongkok yang terdampar di perairan Rote Ndao setibanya di Lantamal VII Kupang, NTT, Kamis (30/1/2020).

Beberapa ilmuwan meyakini penularan virus corona bisa melalui mata. Namun, Direktur Surveilans dan Karantina Kementerian Kesehatan Endang Budi Hastuti mengatakan, penularan bukan melalui tatapan mata. Penularan bisa terjadi bila tangan dengan virus corona digunakan untuk menggosok mata.

"Kalau mengucek mata kemudian tangan kotor dan terinfeksi virus tadi (maka bisa tertular). Jadi bukan dari tatapan mata," kata dia di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Jumat (31/1).

Maka itu, ia menyarankan kepada masyarakat untuk mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik. Cuci tangan juga mengikuti lima langkah seperti yang direkomendasikan Kemenkes.

(Baca: Selain Virus Corona, 4 Penyakit Ini Pernah Ditetapkan Darurat oleh WHO)

Seperti diketahui, beberapa ilmuwan meyakini cara penularan virus corona antar-manusia bisa melalui mata. Mengutip dari South Morning China Post, Pakar Pernafasan dari Peking University First Hospital, Tiongkok, Wang Guangfa positif terinfeksi virus corona setelah mengunjungi bangsal isolasi pasien pengidap virus corona.

"Saat itu kami sangat waspada dan menggunakan masker N95. Namun, saya kemudian menyadari tidak menggunakan kacamata pelindung," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...