Cetak Sejarah, Film Korea Selatan 'Parasite' Raih Film Terbaik Oscar

Penulis: Ratna Iskana

10/2/2020, 14.37 WIB

Aktor Brad Pitt juga mencatat sejarah dengan meraih piala Oscar pertamanya sebagai aktor pembantu terbaik.

film, piala oscar
ANTARA FOTO/REUTERS/Mario Anzuoni
ilustrasi, sutradara Bong Joon-ho dengan penerjemah Sharon Choi menerima penghargaan sebagai Sutradara Terbaik film "Parasite" pada Critics Choice Awards ke-25 di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Minggu (12/1/2020). Film Parasite berhasil meraih Piala Oscar sebagai film terbaik tahun ini.

Film berjudul 'Parasite' berhasil meraih piala Oscar sebagai film terbaik 2020. Film itu mencetak sejarah sebagai film berbahasa Korea pertama yang berhasil meraih capaian tertinggi dalam ajang Academy Awards ke-92.

Film 'Parasite' bercerita mengenai masalah sosial antara orang kaya dan miskin dalam kehidupan modern di Seoul. Film tersebut berhasil menyabet empat piala Oscar termasuk sutradara terbaik dan screenplay terbaik yang diraih oleh Bong Joon Ho.

Selain itu, film itu juga berhasil menyabet gelar sebagai film Feature Internasional terbaik tahun ini."Tidak pernah terpikir oleh saya bisa menang," kata Bong seperti dilansir dari Reuters pada Senin (10/2).

(Baca: Kenapa Academy Award Disebut Oscar?)

Film lain yang berhasil mendapat piala oscar yaitu film berjudul '1917'. Film tentang perang dunia pertama tersebut meraih piala Oscar sebagai sinematografi terbaik, efek visual terbaik dan suntingan suara terbaik.

Di sisi lain, Joaquin Phoenix berhasil menyabet piala Oscar pertamanya sebagai aktor terbaik dalam perannya sebagai badut yang melakukan kekerasan dalam film berjudul 'Joker'. Phoenix menyinggung masalah pemanasan global dalam pidato kemenangannya. 

Sedangkan gelar aktris terbaik diraih Renee Zellweger. Renee meraih gelar tersebut atas perannya sebagai Judy Garland dalam musikal berjudul 'Judy'.

Sedangkan film berjudul "Once Upon a Time in Hollywood' berhasil membawa aktor Brad Pitt meraih piala Oscar pertamanya sebagai aktor pendukung terbaik. Untuk pemeran aktris pendukung terbaik diraih oleh Laura Dern dalam perannya sebagai pengacara di film basutan Netflix berjudul 'Marriage Story'.

(Baca: Joker Rajai Daftar Nominasi Oscar 2020, Ini Daftar Lengkapnya)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan