Prospek Bisnis XL Axiata Setelah Jual 2.782 Menara Telekomunikasi

Image title
13 Februari 2020, 16:21
XL Axiata, XL Jual Menara, XL Jual menara 2020
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Kinerja bisnis perusahaan operator telekomunikasi selular PT XL Axiata Tbk diprediksi bakal semakin membaik, tahun ini. Hal tersebut seiring penjualan 2.782 unit menara telekomunikasi dengan nilai transaksi Rp 4,05 triliun, serta perjanjian sewa kembali yang menguntungkan perusahaan.  

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan penjualan ribuan menara menghasilkan dana segar bagi perusahaan. Di sisi lain, perjanjian sewa selama 10 tahun setelah penjualan menguntungkan XL. Perusahaan berkode bursa EXCL tersebut akan menjadi penyewa utama (anchor tenant) mulai akhir Juni 2020.

"Tentu hal ini membuat arus cash flow terutama dari sisi biaya menjadi lebih ringan," ujar Nico, kepada Katadata.co.id, Rabu (12/2). Ia menambahkan, sudah seharusnya XL fokus kembali ke bisnis pengembangan dan pertumbuhan internet, serta layanan seluler. Ini hal yang hampir dilupakan oleh perusahaan.

(Baca: Pendapatan 2020 Diramal Tumbuh Satu Digit, XL Anggarkan Capex Rp 7,5 T)

Pendapat senada juga disampaikan oleh Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas. Ia meyakini prospek bisnis XL akan lebih menarik setelah menjual menara. Karena adanya dana segar dan efisiensi biaya. "Atas penjualan tersebut pastinya laba akan meningkat signifikan, prospek bisnis XL akan lebih menarik," ujarnya.

XL menjual 2.782 unit menara kepada dua perusahaan. Sebanyak 1.728 unit dilepas kepada PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan sebanyak 1.054 unit kepada PT Centratama Menara Indonesia (CMI). Dengan penjualan ini, menara tersisa yang dimiliki telkomsel yakni 1.600 unit.

Nilai penjualan yang sebesar Rp 4,05 triliun setara 21% dari ekuitas perusahaan per 31 Desember 2019. Selain dari penjualan, perusahaan bakal mengantongi pendapatan sewa lantaran menara yang dijual berada di atas tanah milik XL.

(Baca: Diminta Perkuat Jaringan agar RI Adopsi 5G, Begini Kata Telkomsel & XL)

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...