Twitter Ungkap 4 Tren Pembicaraan Terpopuler Selama Ramadan

Fahmi Ahmad Burhan
20 Februari 2020, 12:17
Twitter Ungkap 4 Tren Pembicaraan Terpopuler Selama Ramadan.
YouTube
Logo Twitter. Twitter Indonesia mengungkapkan empat tren terpopuler yang kerap diperbincangkan masyarakat Indonesia selama ramadan.

Twitter Indonesia mengungkapkan empat tren terpopuler yang kerap diperbincangkan masyarakat Indonesia selama ramadan tahun lalu. Keempat tema tersebut, di antaranya yakni gaming, hiburan, olahraga, dan lingkungan. 

Adapun tren tersebut diperkirakan masih akan bertahan pada ramadan tahun ini. "Empat pilar tersebut merupakan analisis Twitter yang selalu ada saat ramadan dan always on. Kami perkirakan di tahun ini, orang masih banyak membicarakannya," kata Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansah di Jakarta pada Rabu (19/2).

Percakapakan tema gaming pada ramadan tahun lalu menurutnya meningkat 73% dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun pengguna gim mempunyai keterikatan saat ramadan di Twitter yang erat. 

(Baca: Twitter Tak Otomatis Hapus Video Berbahaya Skull-Breaker Challenge)

Terlebih industri gim dalam negeri  menurutnya tengah berkembang, ditambah dengan banyaknya kompetisi esport yang juga ramai dibicarakan di Twitter.

Meski demikian, tema ini biasanya ramai dibicarakan pada awal ramadhan. Sedangkan di akhir ramadhan, pengguna Twitter Indonesia cenderung lebih ramai berbincang soal mudik atau lebaran.

Berikutnya, mengenai tema entertainment yang mana pada ramadan lalu mengalami peningkatan 25% dibandingkan ramadan tahun sebelumnya. 

Ketiga terkait olahraga, dengan mayoritas pembicaraan tentang sepakbola. Menurut Dwi, tidak hanya saat ramadan, olahraga bahkan menjadi percapakapan dominan bagi pengguna Twitter Indonesia.

Media sosial ini mengklaim 75% penggemar olahraga ada di Twitter. Apalagi saat ramadhan berbagai acara olahraga terutama sepakbola menjadi hiburan tersendiri.

Tahun lalu, final liga champions saat ramadhan yang memenangkan klub sepakbola asal Inggris Liverpool menjadi percapakan paling populer di Twitter. Tagar #YNWA atau slogan Liverpool dicuit 83 ribu pengguna Twitter dan menjadi tren. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...