WNI ABK Diamond Princess Jalani Perawatan Berkualitas Tinggi di Jepang

Dimas Jarot Bayu
25 Februari 2020, 22:01
menteri kesehatan, virus corona, diamond princess
ANTARA FOTO/REUTERS/Princess Cruise
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (25/2) memastikan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess (foto) dirawat dengan baik oleh otoritas Jepang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess dirawat dengan baik oleh otoritas Jepang. Sembilan WNI tersebut sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus corona Covid-19.

Dari sembilan WNI tersebut, Terawan menyebut lima orang diobservasi di rumah sakit. Sementara empat orang lainnya masih berada di kapal. Menurut Terawan, perawatan yang dilakukan otoritas Jepang tak mungkin berkualitas rendah. Bahkan, ia menilai perawatan di Negeri Sakura kualitasnya lebih baik ketimbang di Indonesia.

Advertisement

Makanya dia mempercayai perawatan yang dilakukan terhadap sembilan WNI tersebut. “Rumah sakit yang merawat kelasnya Jepang lho, bukan kelasnya kita. Artinya Jepang otomatis nek ngerawat bagus,” kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2).

(Baca: Pemerintah Siapkan Rp 4,7 Triliun Selamatkan Pariwisata dari Corona)

Terawan menyebut 69 WNI lainnya yang berada di Diamond Princess dalam kondisi sehat. Meski demikian, pemerintah tetap berhati-hati ketika ingin memulangkan mereka. Menurut Terawan, pemerintah saat ini terus bernegosiasi dengan otoritas Jepang untuk memulangkan 69 WNI tersebut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement