Chairul Anwar Nidom, Bergelut dengan Virus Flu Burung dan Corona

Hari Widowati
4 Maret 2020, 17:21
Chairul Anwar Nidom, profil Chairul Anwar Nidom, Prof Nidom, penemu curcumin obat virus corona, zat curcumin meningkatkan kekebalan tubuh, jahe merah, kunyit, temulawak, sereh
Dok. Unair.ac.id
Chairul Anwar Nidom, Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Hewan Unair, meneliti manfaat curcumin untuk melawan infeksi virus corona (Covid-19) berdasarkan formulasi yang ditemukannya untuk melawan virus flu burung.

Nama Chairul Anwar Nidom semakin sering terdengar akhir-akhir ini. Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) ini menjadi rujukan banyak orang ketika ia menyebut bahwa curcumin mampu menghadapi infeksi virus corona (Covid-19).

Curcumin adalah zat yang terkandung pada empon-empon yang kerap digunakan sebagai bumbu masak, seperti jahe, temulawak, kunyit, sereh, dan lain-lain. Nidom, yang kini menjabat sebagai Ketua Riset Corona dan Formulasi Vaksin di Profesor Nidom Foundation (PNF), menyatakan ia dan timnya tengah mengembangkan formulasi obat dari curcumin berdasarkan formulasi yang pernah dibuatnya untuk melawan virus flu burung (H5N1).

(Baca: Masker Hanya Lindungi Kalangan Berduit dari Kepanikan Corona)

Untuk merumuskan formulasi itu, ia membutuhkan sampel dari pasien yang positif terinfeksi virus corona. “Sejauh ini, PNF belum kontak dengan institusi manapun. Platform riset ini sebetulnya sudah pernah kami lakukan terhadap virus atau infeksi flu burung beberapa tahun lalu,” kata Nidom seperti dikutip dari Tempo.co, Kamis (27/2). Ia melakukan penelitian berdasarkan jurnal-jurnal ilmiah dari para dokter dan peneliti di Tiongkok yang telah menangani kasus infeksi Covid-19. 

Meski kasus positif virus Covid-19 sudah dikonfirmasi masuk ke Indonesia, Nidom mengimbau masyarakat untuk tidak stress dan panik. “Jangan stress dan panik, karena itu bisa membuat daya tahan atau imunitas tubuh menurun. Tetap konsumsi curcumin setiap hari," ujarnya. Pada dasarnya, meningkatkan kekebalan tubuh adalah cara paling ampuh agar terhindar virus corona.

(Baca: Manfaat Jahe Merah yang Diburu karena Disebut Mampu Menangkal Corona)

Seperti dilansir dari Kumparan.com, Nidom juga menyarankan agar pemerintah membentuk semacam komisi nasional mitigasi penyakit untuk menangani penyebaran virus corona. Komnas ini berfungsi untuk menyeragamkan simulasi-simulasi penanganan wabah virus Covid-19 di berbagai daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...