Kemenkes Sebut Dua Pasien Corona Mengalami Tekanan Psikis

Image title
4 Maret 2020, 21:57
virus corona, Pasien Corona di Indonesia, Kasus Corona di Indonesia
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas menggunakan masker di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Dua orang positif terjangkit virus corona dan diisolasi di rumah sakit ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan dua pasien virus corona asal Depok, Jawa Barat mengalami tekanan psikis akibat sorotan berlebihan di berbagai media. Kendati demikian, secara fisik keduanya telah membaik.

Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto menjelaskan berdasarkan pantauannya pada Rabu (4/3) pagi, kedua pasien sudah tidak merasakan demam, pilek, dan sesak napas, namun masih batuk sesekali.

"Secara psikologis yang kami khawatirkan karena mereka merasa tidak nyaman namanya sudah dikenal di mana-mana dan rumahnya diketahui oleh siapa saja," kata dia dalam Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Rabu (4/3) malam.

(Baca: Pemerintah Awasi Khusus Kedatangan Warga dari 4 Negara Pusat Corona)

Ia pun menekankan penyebaran data pribadi pasien merupakan pelanggaran hukum. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate telah berkoordinasi dengan Badan Reserse Kriminal Polri untuk menindak tegas oknum-oknum yang melakukan hal tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...