Rumah Sakit Non-Rujukan Diminta Siapkan Ruang Isolasi Penderita Corona

Dimas Jarot Bayu
5 Maret 2020, 20:31
virus corona, rumah sakit rujukan, pasien corona
ANTARA FOTO/Fauzan
Petugas rumah sakit berjaga di depan ruangan isolasi di RSUD Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta rumah sakit non-rujukan menyiapkan ruang isolasi. Tujuannya, agar bisa melakukan penanganan sementara terhadap pasien yang terindikasi terjangkit virus corona.

"Sebaiknya semua rumah sakit, walau bukan rujukan, disiapkan juga," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3).

Advertisement

Dari segi kemampuan, ia meyakini rata-rata rumah sakit bisa mengambil sampel dari pasien untuk kemudian dikirim ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. “Pemeriksaan sampelnya masih dipusatkan di RSPI," kata dia.

(Baca: Penyebaran Corona Buat Bisnis Perhotelan di Tanah Air Turun Drastis)

Saat ini, sebanyak 137 rumah sakit milik pemerintah telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan penyakit akibat virus corona alias Covid-19. Selain itu, beberapa rumah sakit swasta telah menawarkan diri untuk bisa menangani penyakit tersebut.

Muhadjir mengatakan, ratusan rumah sakit tersebut memiliki fasilitas kesehatan yang dibutuhkan dan telah melakukan simulasi penanganan virus corona.

(Baca: Ekspor Masker Dilarang, RNI: Kami Tidak Jual ke Luar Negeri)

Selain ratusan rumah sakit tersebut, pemerintah tengah merenovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Nantinya, fasilitas kesehatan itu akan dijadikan sebagai rumah sakit khusus untuk penyakit menular seperti virus corona.

Jokowi menargetkan renovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang dapat selesai kurang dari sebulan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement