Pemerintah Pantau Orang yang Diduga Tularkan Corona ke Pasien 27

Dimas Jarot Bayu
11 Maret 2020, 21:17
virus corona, pasien nomor 27, kesehatan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sosialisasi pencegahan virus corona di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). Pemerintah (11/3)memeriksa beberapa orang yang diduga menularkan virus corona ke pasien nomor kasus 27.

Pemerintah terus menelusuri penyebab salah satu pasien tertular virus corona Covid-19. Mereka mencurigai beberapa orang telah menularkan penyakit tersebut kepada pasien bernomor kasus 27 itu.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan dinas kesehatan di wilayah pasien 27 tertular wabah tersebut. Beberapa orang tersebut sedang diamati untuk melihat lebih jauh seperti apa kontak dekat mereka dengan pasien berusia 33 tahun itu.

Advertisement

“Mengenai penelusuran kontak, tadi saya sempat kontak dengan Dinas Kesehatan yang melaksanakan, ada beberapa orang yang dicurigai,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

(Baca: Lebih dari Separuh Kasus Positif Corona di RI Berasal dari Luar Negeri)

Jika dugaan dari hasil observasi semakin menguat, orang tersebut akan diperiksa kesehatannya. Namun Yurianto menyebut pihaknya belum menemukan adanya kontak jarak dekat dengan pasien 27 dari orang-orang yang dicurigai tersebut. “Sementara masih belum kami temukan, tetapi contact tracing masih akan terus dilaksanakan,” kata Yurianto.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan tak mengetahui dari mana pasien 27 tertular corona. Sebab yang bersangkutan tak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Pasien juga tak memberikan keterangan secara jelas mengenai teman-temannya yang pernah memiliki gejala serupa Covid-19.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement