Kemenhub Tawarkan Mudik Gratis untuk 59 Ribu Orang, Bisa Daftar Online

Image title
13 Maret 2020, 18:30
kemenhub, mudik gratis, mudik lebaran
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
Ilustrasi. Sebanyak 1.300 unit bus akan disediakan untuk mengantar para pemudik ke 37 kota dan kabutan di pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Kementerian Perhubungan menargetkan jumlah peserta mudik gratis menggunakan bus tahun ini mencapai 59.263 orang. Sebanyak 1.300 unit bus akan disediakan untuk mengantar para pemudik ke 37 kota dan kabutan di pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran online melalui website mudikgratis-hubdat.dephub.co.id akan dibuka mulai 23 Maret. Program mudik gratis ini memakan anggaran sebesar Rp 34 miliar.

"Pendaftarannya biasanya supaya cepat, bekerja sama dengan perkumpulan masyarakat daerah yang ada di Jakarta. Itu akan cepat menyerap," kata dia saat menggelar konferensi pers di Jakarta.

(Baca: Protokol Tanggap Virus Corona di Transportasi Publik dan Tempat Umum)

Program ini terutama menyasar pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini diyakini akan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

"Motor yang diangkut ini arahan Menteri Perhubungan agar mengajak sebanyak-banyaknya sehingga  kecenderunganya motor beralih ke bus dan diangkut truk. Tahun sekarang kira-kira 4.995 unit motor," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...