Bos WHO Telepon Jokowi, Sepakati Kerja Sama Tangani Corona

Martha Ruth Thertina
14 Maret 2020, 11:20
WHO, Jokowi, virus corona, corona, Surat WHO
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus saat mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1).

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus melakukan kontak telepon dengan Presiden Joko Widodo, membahas tentang langkah penanganan virus corona. Ini dilakukan di tengah peningkatan temuan kasus corona di dalam negeri.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Tedros melalui akun Twitter resminya @DrTedros. “Perbincangan telepon yang sangat baik dengan Presiden Indonesia Jokowi. Saya berterima kasih kepadanya untuk leadership pemerintah dalam menahan dan mempersiapkan sistem kesehatan dan sektor lainnya guna merespons Covid-19,” tulis dia, Jumat (13/3) malam.

Dalam pembicaraa tersebut, ia juga menyatakan bahwa dirinya sepakat untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam penanganan infeksi virus corona atau Covid-19. “Saya memastikan kepadanya tentang kesiapan WHO untuk mendukung.”

(Baca: Video: Cara 4 Negara Mengunci Diri dari Pandemi Corona)

Sebelumnya, katadata.co.id menerima salinan surat dari Tedros untuk Presiden Joko Widodo terkait penanganan corona. Dalam surat tertanggal 10 Maret 2020 tersebut, ia menyatakan bahwa untuk memerangi virus, setiap negara harus melakukan pengukuran yang masif guna memperlambat transmisi dan menahan penyebarannya.

Di wilayah yang tengah terjadi transmisi lokal yang tak terdeteksi, WHO merekomendasikan untuk melakukan beberapa langkah segera, di antaranya “Meningkatkan mekanisme respons darurat, termasuk deklarasi darurat nasional,” demikian tertulis dalam surat tersebut.

Rekomendasi lainnya, mengedukasi dan berkomunikasi secara aktif dengan publik melalui mekanisme komunikasi yang aman; meningkatkan upaya penemuan kasus, penelusuran kontak, pengawasan, karantina, dan isolasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...