Jalani Tes, Wapres Ma'ruf Amin Negatif Corona

Image title
Oleh Ekarina
16 Maret 2020, 11:13
Jalani Tes, Wapres Ma'ruf Amin Negatif Corona.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelum memimpin rapat kabinet terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (28/2/2020). Ma'ruf Amin dikabarkan negatif terjangkit virus corona setelah menjalani tes kesehatan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menjalani rangkaian tes virus corona (Covid-19). Hasilnya, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini pun dinyatakan negatif terinfeksi corona. 

"Pak Wapres sudah menjalani tes, dan hasilnya dinyatakan negatif. Pak Wapres dinyatakan sehat," kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam sambungan telepon dikutip dari Antara, Senin (16/3).

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menjalani pemeriksaan kesehatan setelah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.  Menhub terlihat menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta terakhir kali pada Rabu, 11 Maret 2020.

(Baca: Para Menteri Jokowi Jalani Tes Infeksi Corona, Hasilnya Beragam)

Masduki menyatakan, di saat yang sama, Wapres Ma'ruf Amin tidak hadir dalam rapat terbatas karena tengah melakukan perjalanan dinas.

"Pak Wapres pada rapat hari Rabu itu tidak hadir, karena ada kegiatan di Lombok dan Solo, jadi memang beliau tidak ada kontak dengan Pak Budi Karya," katanya.

Namun demikian, Ma'ruf akan tetap bekerja menjalankan tugas di pemerintahan, antara lain mengikuti rapat terbatas melalui telekonferensi dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri.

"Hari ini ada ratas (rapat terbatas) tapi teleconference, juga ada jadwal wawancara. Sementara untuk pertemuan-pertemuan dengan tamu memang dibatasi," ujarnya.

Terkait penyebaran COVID-19, Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan membatasi pertemuan fisik dengan orang asing sebagai salah satu cara untuk mencegah virus tersebut menyebarluas.

(Baca: Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Terinfeksi Corona)

Presiden juga memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra penanganan global.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...