Singapura Bikin Alat Tes untuk Deteksi Virus Corona dalam 5 Menit

Ameidyo Daud Nasution
26 Maret 2020, 12:27
virus corona, singapura, tes corona
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Laboratorium tes RNA di provinsi Shanci, China, Jumat (14/2/2020). Singapura sedang mengembangkan alat tes baru bernama Cepat (25/3). Hasil tes tersebut dapat diketahui hanya dalam waktu 5 menit.

Berbagai cara dilakukan banyak ilmuwan guna mencegah virus corona Covid-19 menyebar. Salah satunya ilmuwan Singapura, Profesor Jackie Ying yang mengembangkan tes massal (rapid test) untuk mengetahui keberadaan corona di pasien dalam waktu 5 hingga 10 menit saja.

Jackie yang merupakan Kepala laboratorium Badan Sains, Teknologi, dan Riset (A*Star) milik Pemerintah Singapura ini menamakan tes tersebut 'Cepat'. Dia menargetkan dalam sebulan otoritas berwenang dapat memberikan lampu hijau tes tersebut.

Advertisement

“Kami telah melakukan validasi klinis awal di KK Women's and Children's Hospital, hasilnya sangat sensitif dan akurat,” kata Ying dikutip dari Straits Times, Kamis (26/3).

(Baca: Ilmuwan Singapura Temukan Cara Mempercepat Pembuatan Vaksin Corona)

Ying mengatakan mekanisme tes Cepat mirip dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang mengandalkan fotokopi genetik virus. Perbedaannya, mereka menggunakan enzim khusus sehingga tak memerlukan lagi proses pemanasan dan pendinginan mesin PCR. "Karena 60% waktu hanya digunakan untuk menunggu mesin PCR," kata Ying.

Dia juga menjelaskan pengembangam tes cepat dilakukan setelah bos A*Star Frederick Chew menantang ilmuwan di sana menemukan tes massal Covid-19 yang paling efisien. Sebelumnya laboratorium ini bekerja sama dengan MiRXES untuk memproduksi PCR.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement