Para Lansia Berusia Seabad yang Sembuh dari Corona

Martha Ruth Thertina
31 Maret 2020, 18:46
corona, virus corona, pasien corona sembuh, obat corona, orang tua sembuh corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Mascarenhas/foc/dj
Seorang pria memakai masker saat berjalan melewati halte bus dengan tulisan langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Mumbai, India, Rabu (18/3/2020).

Risiko kematian imbas corona di kalangan orang tua tinggi, namun ada juga cerita-cerita kesembuhan, termasuk dari mereka yang berusia di atas satu abad. Setidaknya ada empat orang yang berusia seabad dan dilaporkan sembuh dari infeksi corona atau Covid-19.  

Satu di antaranya adalah warga Italia yang diidentifikasi bernama Mr. P. Pria berusia 101 tahun tersebut lahir pada masa pandemi influenza alias flu Spanyol pada 1918-1919. Ini merupakan pandemi terbesar di era modern, dengan jumlah orang terjangkit diperkirakan mencapai 500 juta orang di seluruh dunia, dan setidaknya 50 juta orang meninggal.

Advertisement

Kini, ia berhasil pulih dari infeksi corona. Ini artinya, dia dua kali menghadapi pandemi dan berhasil selamat. Mr. P diketahui positif corona sekitar pertengahan Maret lalu, dan dirawat di rumah sakit di Rimini, Italia. Namun, ia diperbolehkan pulang beberapa hari kemudian lantaran sudah sembuh.

(Baca: Pemerintah Lacak Pasien Corona Lewat Aplikasi Ukur Suhu Tubuh)

Wali Kota Ramini Gloria Lisi menyebut pemulihan itu betul-betul luar biasa dan telah memberikan harapan. “Mr. P berhasil melewatinya. Ini mengajarkan kita bahwa meski di usia 101 tahun, masa depan belum dituliskan,” kata dia pekan lalu, seperti dikutip Forbes dari media lokal.

Keberhasilan Mr. P mengalahkan corona luar biasa. Terlebih, menurut laporan National Institute of Health, hampir 86% angka kematian akibat corona di Italia adalah orang tua di atas usia 70 tahun.

Italia memang merupakan negara dengan populasi orang tua terbanyak kedua di dunia. Sebanyak 25% dari penduduk Italia berusia di atas 65 tahun. Ini disebut-sebut sebagai penyebab angka kematian akibat corona di Italia tertinggi di dunia yaitu telah mencapai lebih dari 11.500 orang.

Sebelumnya, sejawatnya dari benua Asia, seorang wanita asal Wuhan, Tiongkong, berusia 103 tahun, bernama Zhang Guangfen juga dilaporkan sembuh, setelah dirawat selama sepekan di rumah sakit pada awal Maret lalu. Ia bukan satu-satunya pasien corona berusia seabad asal Wuhan yang berhasil sembuh, meskipun, ia dilaporkan sebagai orang paling tua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement