Banyak Restoran Tutup Terimbas Corona, Permintaan Ikan Anjlok 20%

Image title
1 April 2020, 18:57
Banyak Restoran Tutup Terimbas Corona, Permintaan Ikan Anjlok 20%.
ANTARA FOTO/Ampelsa
Sejumlah pedagang mengikuti lelang ikan tuna di Pelabuhan Perikanan di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (18/1/2020). KKP mencatat, permintaan ikan turun sekitar 20% imbas corona.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, permintaan ikan laut turun sekitar 20%. Hal ini disebakan oleh melemahnya permintaan sektor kuliner dan restoran seiring dengan merebaknya virus corona

Sejak virus Covid-19 merebak, aktivitas restoran serta pasar tradisional yang menjual ikan lesu. Alhasil, permintaan komoditas perikanan pun turun. 

Advertisement

Padahal, dalam waktu dekat petambak udang akan masuk panen raya dengan estimasi panen sebanyak 110.000 ton. petambak budidaya ikan laut dan tawar juga akan masuk musim panen dengan perkiraan hasil 140.000 ton ikan tiga bulan ke depan. 

(Baca: Marak Corona, 32.000 Ton Hasil Perikanan Diekspor ke 13 Negara)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan untuk menyerap hasil panenn para petambakdiperlukan stimulus dari pemerintah agar mereka tak merugi. Selain itu, seluruh infrastruktur tempat penyimpanan ikan atau cold storage harus dibenahi agar dapat menampung hasil panen dalam waktu yang cukup lama.

"Tapi yang paling penting bukan dana atau angka, yang penting kesiapan KKP itu sendiri dalam rangka infrastrukturnya. Sekarang kami data cold storage yang selama ini beroperasi tapi tidak berfungsi, karena jumlahnya berkurang itu bisa digunakan," kata diadalam  konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (1/4).

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement