Mobilitas Tinggi dan Padat Penduduk, 3 Provinsi Paling Rentan Corona

Image title
3 April 2020, 10:58
virus corona, pandemi corona, KIC, Indeks Kerentanan Provinsi
Katadata
Direktur Riset Katadata Insight Center, Mulya Amri, dalam acara Press Briefing acara bertajuk “Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19” di Jakarta, Jumat (3/2).

Satu bulan sejak pemerintah mengumumkan kasus pertama positif virus corona, jumlah kasus positif corona Indonesia mencapai 1.790 orang. Terdapat tiga provinsi dengan penyebaran terbanyak, yakni DKI Jakarta sebanyak 897 orang, Banten sebanyak 223 orang dan Jawa Barat sebanyak 164 orang.

Tiga provinsi ini menjadi yang paling rentan dalam menghadapi pandemi corona. Hal ini tercermin dari Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19, yang dirilis oleh Katadata Insight Center (KIC).

Menurut Direktur Riset Katadata Insight Center, Mulya Amri, PhD, terdapat beberapa faktor yang membuat daerah tersebut dianggap paling rentan terhadap penularan virus corona.

(Baca: Riset KIC: UMKM di Jabar, Jateng & Jatim Rentan Terseret Imbas Corona)

Pertama, risiko terkait dengan karakteristik daerah, seperti kepadatan penduduk, kualitas udara dan akses terhadap hunian yang layak.

Kedua, risiko terkait dengan kondisi kesehatan penduduk, seperti jumlah penduduk yang merokok, jumlah warga lanjut usia dan warga yang tidak mempunyai jaminan kesehatan. Ketiga, risiko terkait dengan mobilitas penduduk.

Dari pengukuran, terlihat bahwa DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat merupakan provinsi yang paling rentan terhadap virus corona. Pasalnya, ketiga provinsi ini menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat dan kualitas udara yang buruk.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19 ,” kata Mulya Amri, dalam acara Press Briefing acara bertajuk “Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19” di Jakarta, Jumat (3/2).

(Baca: Satu Bulan Corona di Indonesia, 1.790 Kasus Positif dan 170 Kematian)

Menurut Mulya, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan, karena berada dalam kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Kawasan ini menampung lebih 10% jumlah penduduk Indonesia, dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per kilometer persegi.

Tiga provinsi tersebut memiliki indeks kerentanan tertinggi, yakni DKI Jakarta (47,05 poin), Banten (45,54 poin), dan Jawa Barat (43,59 poin). Berikut Databoks indeks kerentanan provinsi lain di Indonesia menghadapi Covid-19:

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...