Cegah Warga Mudik, Kemensos Siapkan 200 Ribu Paket Sembako

Dimas Jarot Bayu
6 April 2020, 15:25
Cegah Warga Mudik, Kemensos Siapkan 200 Ribu Paket Sembako.
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Ilustrasi bantuan paket sembako untuk warga. Kementerian Sosial akan membagikan 200 ribu embako untuk warga di sekitar Jabodetabek yang tak pulang mudik.

Kementerian Sosial telah menyiapkan 200 ribu paket sembako yang bakal didistribusikan kepada warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Paket tersebut akan diberikan untuk para perantau yang ada di Jabodetabek.

Imbauan mudik sebelumnya kerap diserukan,  guna mencegah penyebaran virus corona ke daerah lain. “Dalam waktu dekat ada sebanyak 200 ribu paket sembako yang akan didistribusikan ke wilayah Jabodetabek,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo udai rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/3).

Advertisement

(Baca: Jaga Daya Beli saat Wabah Corona, Pemerintah Percepat Cairkan Bansos)

Doni mengatakan, pembagian 200 ribu paket sembako tersebut akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Selain itu, distribusi 200 ribu paket sembako juga bakal melibatkan perangkat desa dan unsur terkait lainnya.

Hal ini bertujuan agar pembagian 200 paket sembako tersebut bisa tepat sasaran.“Kepala desa atau lurah, termasuk RT atau RW untuk kiranya bisa memberikan masukkan, siapa masyarakat yang perlu mendapat prioritas,” kata dia.

Doni menegaskan, 200 paket sembako tersebut bukan merupakan program jaring pengaman sosial yang diberikan pemerintah.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement