Jumlah Produsen Alkes Melonjak saat Pandemi, Tertinggi APD 567%

Rizky Alika
8 April 2020, 15:39
Pekerja membuat kostum Alat Pelindung Diri (APD) di PT Kasih Karunia Sejati , Bandulan, Malang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Manajemen pabrik yang awalnya memproduksi celana jins tersebut memutuskan untuk mengalihkan produksi ke pembuatan APD guna memba
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Pekerja membuat kostum Alat Pelindung Diri (APD) di PT Kasih Karunia Sejati ,Bandulan, Malang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Manajemen pabrik yang awalnya memproduksi celana jins tersebut memutuskan untuk mengalihkan produksi ke pembuatan APD guna membantu tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19 dengan kapasitas produksi mencapai 12.000 lembar per hari.

Produksi perlengkapan kesehatan selama pandemi corona tercatat tumbuh pesat. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat peningkatan produsen Alat Pelindung Diri (APD), hingga hand sanitizer sejak bulan Februari hingga 4 April 2020.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Engko Sosialine Magdalene mengatakan, banyak industri yang beralih memproduksi alat-alat kesehatan untuk keperluan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT).

"Pelaku usaha banyak yang melakukan diversifikasi menjadi produsen APD yaitu masker, gown, dan hand sanitizer" kata Engko dalam rapat dengar pendapat yang digelar secara virtual dengan Komisi IX DPR, Rabu (8/4).

Rinciannya, produk masker telah diproduksi oleh 39 industri pada 4 April, meningkat 77% dibanding Februari 2020 lalu. Selanjutnya, produksi APD meningkat dari tiga industri pada Februari 2020 menjadi 20 industri pada 4 April atau naik 567%. Sementara, produksi hand sanitizer meningkat 186% dari 36 industri pada Februari 2020, menjadi 103 industri pada April 2020.

Ia berharap, peningkatan jumlah produsen tersebut akan mendukung kebutuhan masker, APD dan hand sanitizer di dalam negeri. Kemenkes, ia katakan, juga mendukung produksi dengan pemberian relaksasi terhadap impor alat kesehatan, khususnya untuk penanganan pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...