Corona Meluas, Surabaya, Sebagian Sidoarjo dan Gresik Sepakat PSBB

Martha Ruth Thertina
19 April 2020, 21:25
surabaya, corona, virus corona, jawa timur psbb, sidoarjo, gresik, pasien corona jawa timur, jumlah pasien corona jawa timur
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/4/2020).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan Kota Surabaya dan sebagian wilayah di Kabupaten Sidoarjo dan Gresik sepakat mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah setempat terkait semakin meluasnya penyebaran virus corona.

"Kami sudah berdiskusi dan prosesnya sangat konstruktif. Kami bersama-sama mengambil kesepakatan bahwa sudah saatnya Surabaya diberlakukan PSBB," ujar Gubernur Khofifah usai menggelar pertemuan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (19/4).

Kesepakatan diambil dalam pertemuan tertutup yang dihadiri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, Plt Sekda Gresik Nadlif, serta pejabat Forkopimda ketiga daerah.

(Baca: Tes PCR 42.219 Orang, Hasilnya 15% atau Lebih 6.500 Positif Corona)

Menurut Khofifah, kesepakatan pemberlakuan PSBB diambil dengan mempertimbangkan penjelasan dari tim kuratif dan pelacakan, arahan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya yang diwakili Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI M. Bambang Ismawan.

Kesepakatan juga diambil setelah melihat data penyebaran corona dan penjelasan detail serta langkah berlapis yang dilakukan tim dari Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo dan Pemkab Gresik.

(Baca: Usai Disetujui Terawan, PSBB Bandung Raya Berlaku Mulai Rabu 22 April)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...