Pendiri Ruangguru Bantah Terima Dana Program Kartu Prakerja

Fahmi Ahmad Burhan
22 April 2020, 19:21
ruangguru, kartu prakerja,
Desy Setyowati|KATADATA
Pendiri sekaligus Chief of Product and Partnership Ruangguru Iman Usman (paling kiri) dan CEO sekaligus pendiri Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (paling kanan).

Pemerintah menunjuk delapan platform, termasuk Ruangguru, sebagai mitra dalam program kartu prakerja. Namun pihak Ruangguru membantah telah menerima langsung alokasi khusus dari anggaran Rp 5,7 triliun kartu prakerja untuk pelatihan online di platformnya.

"Salah banget kalau ada narasi yang bilang ini duitnya lari ke kantong Ruangguru," kata Pendiri sekaligus Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru Iman Usman dikutip dari akun Instagramnya @imanusman, Rabu (22/4). 

Iman mengatakan, skema kartu prakerja adalah bantuan insentif langsung dan kredit pelatihan. Bantuan pelatihan itu bisa digunakan penuh sesuai nilai maksimal, bisa juga tidak. 

Apabila digunakan, peserta harus memilih ratusan lembaga pelatihan yang menawarkan kelas, bersama platform mitra pemerintah termasuk Ruangguru. Menurut Iman, pemerintah pun akan menambah lebih banyak lagi lembaga pelatihan untuk kartu prakerja.

(Baca: Pemerintah: Kartu Prakerja Jadi Bansos selama Pandemi Corona)

Selain itu, dia juga membantah bahwa Ruangguru sebagai mitra titipan karena CEO-nya saat ini Adamas Belva Syah Devara sempat menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo. "Enggak benar kalau ini dibilang titipan. Ruangguru lolos ya karena Ruangguru, bukan karena Belva," kata dia.

Menurutnya, Ruangguru sebagai platform pembelajaran terbesar layak digandeng pemerintah. "Lain cerita, kalau ini platform yang enggak jelas reputasi dan rekam jejaknya," kata Iman. 

Dia juga mengatakan bahwa sejak awal dirinyalah yang mengambil keputusan terkait kerja sama dengan pemerintah, bukan Belva. "Saya yang mengepalai segala bentuk korespondensi antara Skill Academy dengan pemerintah," katanya, juga melalui akun Twitter miliknya @imanusman, beberapa waktu lalu (14/4).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...