Harga Emas Antam Turun Rp 4.000 per Gram usai Melonjak Pekan Lalu

Agustiyanti
27 April 2020, 08:35
harga emas antam, harga emas hari ini, logam mulia antam, harga emas hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Harga penjualan kembali atau buyback emas Antam hari ini juga turun Rp 1.000 menjadi Rp 842 ribu per gram.

Harga emas Antam turun Rp 4.000 menjadi Rp 939 ribu per gram. Penurunan ini seiring harga emas dunia yang tertahan pagi ini usai melonjak 2,5% sepanjang pekan lalu.

Mengutip Reuters, harga emas dunia pagi ini turun tipis 0,18% ke posisi US$ 1.724,36 per ons. Sementara harga emas berjangka tertahan di posisi US$ 1.723,5 per ons.

Harga emas melonjak 2,5% sepanjang pekan lalu, meski ditutup melemah di akhir pekan. "Kami melihat ada aksi ambil untung jangka pendek pada perdagangan emas," kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam mulia dan dasar di BMO, dikutip dari Reuters.

Namun, emas tertahan dekat dengan harga tertinggi lantaran investor ritel maupun institusi konsisten membeli seiring prospek ekonomi global yang tak pasti.

Jumlah kasus positif virus corona di seluruh dunia hampir menembus 3 juta dengan kematian mencapai lebih dari 200 ribu orang.

(Baca: Banjir Stimulus Efek Corona, Harga Emas Antam Jadi Rp 944 Ribu/Gram)

Sejumlah bank sentral berlomba-lomba mengguyur ekonomi dengan beragam stimulus. Bank Sentral Jepang diperkirakan akan menambah stimulus ekonomi.

Sementara Kongres AS baru saja menyetujui tambahan stimulus sebesar US$ 484 juta dan pemimpin Uni Eropa menyetujui paket stimulus 500 euro.

Emas menjadi investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan, cenderung diuntungkan oleh stimulus ekonomi yang luas.

Sementara di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam turun tipis untuk seluruh produk yang dijual berdasarkan bobotnya. Harga penjualan kembali atau buyback juga turun Rp 4.000 menjadi Rp 839 ribu per gram.

(Baca: Kasus Corona AS Hampir 1 Juta, Pengangguran Diramal Melonjak jadi 16%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...