Donasi Terkait Corona Lewat KitaBisa Rp 119 Miliar, Berupa APD-Sembako

Cindy Mutia Annur
29 April 2020, 20:16
Donasi Terkait Corona Lewat KitaBisa Rp 119 Miliar, Berupa APD-Sembako
gojek
Ilustrasi platform KitaBisa yang menampilkan kampanye penggalangan dana terkait pandemi corona

Startup urun dana KitaBisa mencatat, pengumpulan dana terkait pandemi corona mencapai Rp 119,1 miliar sejak pertengahan Maret lalu. Dana ini diperoleh dari 715 ribu donatur.

Bantuan yang banyak diberikan yakni berupa masker hingga alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis pada awal April. "Tapi semakin ke sini, banyak donasi untuk sembako dan sifatnya berupa makanan," ujar CEO Kitabisa Alfatih Timur saat video conference, Rabu (29/4).

Sembako diberikan untuk warga yang terimbas pandemi virus corona. Sebagaimana diketahui, sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan atau penurunan pendapatan akibat Covid-19.

(Baca: Yayasan Gojek Target Galang Rp 15 Miliar untuk Pedagang-Sopir Angkot)

Setidaknya ada tiga kategori pengumpulan donasi corona. Pertama, membantu tenaga medis. Kedua, pembagian makanan melalui dapur umum. Ketiga, sembako bagi warga kurang mampu yang terimbas pandemi corona.

Donasi dengan kata kunci corona pun menjadi topik utama di media sosial. Salah satunya, influencer Rachel Venya yang mampu mengumpulkan donasi Rp 9,1 miliar. Lalu, pengamat musik Adib Hidayat Rp 1,9 miliar dan musisi Afgan Syahreza Rp 214 juta.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...