Tipe Virus Corona di Indonesia Belum Teridentifikasi

Desy Setyowati
9 Mei 2020, 13:25
Tipe Virus Corona di Indonesia Belum Teridentifikasi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Ilustrasi, petugas medis mengamati sampel darah dari pekerja yang mengikuti rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Aula Serba Guna Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa virus corona bermutasi, bahkan hingga 33 jenis. Namun, tipe virus di Indonesia belum teridentifikasi.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara Aris Yudhariansyah mengatakan, ada tiga jenis virus corona yang ditemukan di banyak negara yakni S, G, dan V. “Di Indonesia tipe yang menyebar tidak termasuk dalam ketiga itu,” katanya, di Medan, Sabtu (9/5).

Saat ini, pemerintah masih mengkaji jenis virus corona yang menyebar di Tanah Air. “Di luar tiga tipe itu ada yang disebut dengan tipe lain," ujar Aris.

Mengetahui jenis virus corona yang menyebar di Indonesia penting, untuk menemukan vaksin yang tepat. (Baca: Eijkman Petakan Tiga Genom untuk Pelajari Vaksin dan Penyebaran Corona)

Sembari menunggu hasilnya, ia mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan tinggal di rumah. “Karena kita harus melindungi siapapun terutama saudara yang sudah berusia lanjut atau memiliki penyakit kronis,” ujar dia.

Di Tiongkok, peneliti dari Universitas Zhejiang menemukan bahwa virus corona bermutasi menjadi 33 jenis. Prof Li Lanjuan beserta timnya bahka mencatat, beberapa tipe di antaranya langka dan lebih mematikan.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...