Tambah 285 Orang, Pasien Sembuh Corona Hari Ini Cetak Rekor Terbanyak

Dimas Jarot Bayu
15 Mei 2020, 17:11
Tambah 285 Orang, Pasien Sembuh Corona Hari Ini Cetak Rekor Terbanyak.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz
Petugas medis menyiapkan fasilitas baru untuk pasien anak yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Jumlah pasien sembuh dari virus corona hari ini , Jumlah (15/5) mencetak rekor terbanyak.

Jumlah pasien sembuh dari virus corona pada Jumat (15/5) bertambah 285 orang. Dengan demikian, total pasien Covid-19  yang sembuh saat ini mencapai 3.803 orang.

Tambahan pasien sembuh pada hari ini merupakan yang tertinggi sejak awal kasus corona ini terjadi di Indonesia. Sebelumnya, rekor pasien sembuh dari corona yang terbanyak secara harian terjadi pada Selasa (5/5), yakni sekitar 243 orang.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus sembuh terbanyak berada di Jakarta yakni 114 orang. Posisi kedua ditempati oleh Nusa Tenggara Barat dengan penambahan pasien sembuh dari corona sebanyak 50 orang.

(Baca: Pasien Terinfeksi Corona 16.496 Orang, Tersebar di 383 Kabupaten/Kota)

Tambahan pasien sembuh terbanyak lainnya juga terdapat di Kalimantan Tengah, yakni 47 orang. Ada pula tambahan 17 pasien yang sembuh dari corona di Jawa Barat, 16 pasien di Jawa Timur, 9 pasien di Bali, dan 7 pasien di Sulawesi Tenggara.

Kemudian, tambahan 5 pasien yang sembuh dari corona ada di Jawa Tengah, 4 pasien di Kalimantan Timur, 4 pasien di Riau, 3 pasien di Yogyakarta. Terdapat tambahan 3 pasien yang sembuh dari corona di Kalimantan Utara, 2 pasien di Sumatera Barat, 2 pasien di Sulawesi Barat, 1 pasien di Maluku Utara, dan 1 pasien di Gorontalo.

Selain kasus sembuh, pemerintah juga mencatat 33 kasus kematian akibat corona pada hari ini. Alhasil, total orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia saat ini telah mencapai 1.076 orang.

Penambahan kasus kematian corona terbanyak pada hari ini terdapat di Jawa Timur dengan angka 11 orang, diikuti Jakarta dengan 8 kasus, Jawa Tengah 4 kasus. Lalu 4 kasus di Kalimantan Tengah, Banten 3 kasus, Sulawesi Tenggara 2 kasus dan 1 kasus di Jawa Barat.

(Baca: Jumlah Kematian akibat Virus Corona Tembus 300 Ribu Orang)

Adapun, tambahan kasus positif corona pada hari ini sebanyak 490 orang, sehingga jumlah orang yang terinfeksi corona di Indonesia sebanyak 16.496 jiwa. "Data-data ini mencerminkan bahwa kasus positif terkonfirmasi masih terus meningkat," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta.

Yurianto lantas mengingatkan masyarakat untuk bersama memutus rantai penularan corona di Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Selain itu, masyarakat harus menjaga jarak fisik, menggunakan masker keluar rumah, dan menghindari kerumunan. "Tidak melakukan perjalanan ke manapun dan tidak mudik. Tetap berada di rumah adalah pilihan bijak dalam kaitan pengendalian Covid-19 ini," kata Yurianto.

Adapun mengenai detail perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia hingga hari ini bisa dilihat dalam databoks berikut. 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...