Mal Terapkan Aturan Ketat saat New Normal, Pengunjung Bakal Dibatasi

Image title
19 Mei 2020, 15:17
Ikuti Protokol Kesehatan saat New Normal, Mal Batasi Bakal Pengunjung.
ANTARA FOTO/ David Muharmansyah/hp
Suasana sepi pengunjung di pusat perbelanjaan Bencoolen mall, Bengkulu, Senin (11/5/2020). Pengusaha mal akan menerapkan sejumlah SOP kesehatan jika mal nanti diperbolehkan kembali beroperasi.

Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memastikan tak ada batasan usia pengunjung saat berbelanja di mal saat skenario new normal diberlakukan. Pihak mal bakal menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP), agar pengunjung dan gerai retail tetap menjalankan protokol kesehatan ketat pada saat berbelanja. 

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan, pihak mal akan mengawal protokol kesehatan agar pengunjung terhindar dari penularan virus corona. Misalnya, dengan pembatasan jumlah pengunjung mal atau jumlah antrean agar tak berdesak-desakan serta menerapan jarak aman.

(Baca: Risiko New Normal dan Berdamai dengan Corona ala Jokowi)

Sebelum masuk, pengunjung juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Di kasir dan lift mal nantinya dipasang tanda sebagai tempat menunggu serta pengaturan jarak.

"Kami sudah bikin SOP-nya pastinya aman buat semua orang, tidak ada batas usia lagi. Pengawasannya sangat ketat jadi yang tidak ikut SOP ya jangan datang ke mal," kata Stefanus kepada katadata.co.id, Selasa (19/5).

Pihaknya pun mengusulkan kepada pemerintah, agar belajar dari negara-negara lain saat  aktivitas bisnis dibuka, namun tak berisiko menambah jumlah kasus Covid. "Bukanya harus serentak, sehingga orang memiliki banyak pilihan jadi tidak berkumpul di satu tempat," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...