Kemenhub Awasi Ketat Transportasi Arus Balik ke Jakarta

Image title
25 Mei 2020, 20:12
kementerian perhubungan, kemenhub, transportasi, mudik, pandemi corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.
Ilustrasi, petugas Kepolisian Polda Lampung memeriksa kendaraan yang keluar jalan tol melalui gerbang tol Bakauheni Selatan di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (23/5/2020). Kementerian Perhubungan memperketat pengawasan transportasi pada fase Arus Balik demi mencegah Covid-19.

Kementerian Perhubungan mulai memperketat pengawasan transportasi. Hal itu sejalan dengan kebijakan pelarangan mudik dan arus balik pada Lebaran tahun ini. 

Untuk memperketat pengawasan, Kemenhub akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. “Kami tetap konsisten bahwa yang namanya mudik dan arus balik, baik itu menjelang Idul Fitri maupun setelah Idul Fitri tetap dilarang," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam siaran pers pada Senin (25/5).

Adita menyebut hanya orang-orang yang memenuhi kriteria dan syarat yang sudah diatur di dalam Permenhub 25/2020 dan SE Gugus Tugas No 4/2020 yang dapat bepergian. Kebijakan tersebut berlaku untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, Adita mengatakan, pengetatan pengawasan transportasi secara umum terbagi dalam tiga fase, yaitu fase jelang Idul Fitri yang dimulai pada 23 April 2020 hingga 23 Mei 2020. Kemudian, fase saat Idul Fitri pada 24-25 Mei 2020, dan fase setelah Idul Fitri pada 26 Mei hingga selesainya masa berlaku SE Gugus Tugas.

“Pengawasan pada fase jelang Idul Fitri dan saat Idul Fitri sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Mulai hari ini kami akan fokus untuk mengawasi fase setelah Idul Fitri,” ujar Adita.

(Baca: Anies Sebut Perpanjangan PSSB Fase Menentukan untuk Mulai New Normal)

Adita pun menyebut pemerintah telah mengimbau agar masyarakat yang ada di daerah tidak kembali ke Jakarta selama pandemi Covid-19. Kemenhub akan mendukung kebijakan tersebut dengan berkoordinasi bersama berbagai pihak terkait untuk memperketat pengawasan transportasi di seluruh Indonesia, khususnya yang akan mengarah ke Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...