Tak Ada Kasus Baru di 10 Provinsi, Pasien Covid-19 Bertambah 557 Orang

Image title
30 Mei 2020, 16:09
pasien virus corona, kasus positif corona, pandemi corona
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut jumlah pasien corona yang telah sembuh mencapai 1.573 orang.

Jumlah kasus positif corona di Indonesia pada Sabtu (30/5) bertambah 557 pasien menjadi 25.773 kasus. Sebanyak 7.015 orang telah sembuh, sedangkan 1.573 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan jumlah pasien yang sembuh bertambah 523 orang dibandingkan hari kemarin. Sementara jumlah orang yang meninggal dunia bertambah sebanyak 53 orang. 

(Baca: Baju APD Buatan Sritex Lolos Standar Internasional WHO)

Ia juga menjelaskan, terdapat 10 provinsi yang hari ini tidak ditemukan kasus positif baru corona. Namun, masih ada 5 provinsi yang memiliki angka positif cukup tinggi.

"Provinsi Jawa Timur, kalau dibandingkan data kemarin, cenderung naik. DKI Jakarta meski tinggi, tapi dibanding data kemarin cenderung turun," ujar Yuri dalam konferensi pers, Sabtu (30/5).

(Baca: Diprotes Risma, Gugus Tugas Jatim Beberkan Kronologi Bantuan Mobil PCR)

Meski masih terjadi penambahan kasus di Ibu Kota, Yuri mengatakan hal itu tidak semata-mata karena warganya terjangkit virus corona. Banyak warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, kembali ke tanah air melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Sudah menjadi ketentuan bahwa pemerintah lakukan pemeriksaan terhadap WNI ini dan beberapa di antaranya mereka positif. "Hanya memang datanya masuk ke provinsi DKI Jakarta, tapi bukan menggambarkan kondisi administrasi DKI," kata Yuri.

Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...