Ahli Imunologi: Herd Immunity Akan Gagal Tanpa Vaksin

Rizky Alika
2 Juni 2020, 16:23
Ilustrasi, kerumunan masyarakat. Ahli imunologi mengingatkan, tanpa adanya vaksin, risiko kematian tinggi bisa terjadi karena tingkat kematian akibat Covid-19 mencapai 5-6%.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Ilustrasi, kerumunan masyarakat. Ahli imunologi mengingatkan, tanpa adanya vaksin, risiko kematian tinggi bisa terjadi karena tingkat kematian akibat Covid-19 mencapai 5-6%.

Ahli imunologi menilai kekebalan komunitas atau herd immunity terhadap virus corona atau Covid-19 tidak akan berhasil tanpa adanya vaksin. Penyebabnya, tingkat kematian akibat Covid-19 yang tergolong tinggi, dan belum adanya antibodi dalam tubuh terhadap Covid-19.

Guru Besar Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Samsuridjal Djauzi menyebut, penerapan herd immunity tanpa adanya vaksinasi dapat menimbulkan risiko kematian.

"Kami tidak mengharapkan herd immunity secara alamiah pada Covid-19 karena risiko kematian pasien covid-19 mencapai 5-6%," kata Samsuridjal dalam sebuah webinar, Selasa (2/6).

Adapun, herd immunity adalah kondisi ketika banyak orang dalam suatu komunitas memiliki imunitas untuk melawan virus dalam tubuh mereka. Ketika banyak orang sudah memiliki kekebalan, maka virus itu akan hilang dengan sendirinya.

Menurutnya, herd immunity dapat tercapai bila ada imunisasi Covid-19 kepada 70-90% penduduk Indonesia. Dengan demikian, sebanyak 10-30% penduduk yang tidak divaksin dapat terlindungi dari virus corona.

Skenario lain herd immunity adalah, bila 70-90% penduduk telah terpapar Covid-19 sehingga memiliki antibodi terhadap virus corona. Namun, hal ini berisiko karena sebanyak 20% penderita Covid-19 memiliki gejala yang berat, serta sebanyak 5-6% pasien memiliki potensi kematian.

(Baca: Risiko New Normal dan Berdamai dengan Corona ala Jokowi)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...