Daftar 100 Negara Teraman dari Virus Corona, Indonesia di Posisi 97

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2020, 12:36
virus corona, ranking Indonesia, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/aww.
Rapid Tes di Terminal Bus Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (10/6/2020). RI berada di ranking 97 sebagai negara teraman dari Covid-19 berdasarkan daftar yang disusun Deep Knowledge Group

Deep Knowledge Group merilis daftar 100 negara yang dianggap aman dari virus corona Covid-19. Dari daftar tersebut, Swiss dianggap sebagai negara teraman dari pandemi dengan skor kumulatif 752. Sedangkan Indonesia berada di posisi 97 dengan skor 450.

Deep Knowledge adalah konsorsium organisasi komersial dan nirlaba yang aktif dalam investasi sains, penelitian, hingga filantropi. Beberapa cabang usahanya antara lain modal ventura Deep Knowledge Ventures, Longevity Capital, serta Deep Knowledge Analytics.

Dalam menyusun daftar ini, mereka menetapkan skor berdasarkan enam hal yakni efisiensi karantina, manajemen risiko pemerintah, deteksi dan pemantauan, kesiapan fasilitas kesehatan, ketahanan regional, serta kesiapan darurat.

(Baca: Hati-hati, Ini Waktu Paling Krusial Pasien Tularkan Virus Corona)

Di bawah Swiss, ada Jerman dengan skor 749. Israel ada di peringkat tiga dengan skor 748. Sedangkan jiran RI yakni Singapura berada di posisi empat sebagai negara teraman.

Di posisi lima ada Jepang dengan poin 738. Tiongkok ada di peringkat tujuh dengan skor kumulatif 717. Adapun Amerika Serikat berada di posisi 58 dan memiliki skor kumulatif 530.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...