Mengenal KB Kookmin Bank yang Suntik Dana Segar ke Bukopin

Image title
12 Juni 2020, 11:06
Ilustrasi Bank Bukopin yang mendapat suntikan dana dari KB Kookmin Bank. KB Kookmin Bank tercatat sebagai 10 besar bank terbesar di Asia dengan 31,5 juta nasabah.
Ilustrasi Bank Bukopin yang mendapat suntikan dana dari KB Kookmin Bank. KB Kookmin Bank tercatat sebagai 10 besar bank terbesar di Asia dengan 31,5 juta nasabah.

Setelah diterpa isu kesulitan likuiditas sehubungan dengan beredarnya foto di media sosial terkait aturan pembatasan penarikan uang tunai maksimal Rp 10 juta, PT Bank Bukopin Tbk kini mendapatkan suntikan dana segar dari KB Kookmin Bank melalui skema penawaran umum terbatas atau rights issue V. Rencananya KB Kookmin Bank akan menguasai saham mayoritas.

Informasi ini didapatkan dari pernyataan Direktur Operasi dan TI Bukopin, Adhi Brahmantya melalui keterangan resmi, Kamis (11/6). Menurutnya, suntikan dana KB Kookmin Bank membuktikan komitmen sebagai salah satu pemegang saham Bukopin saat ini. KB Kookmin Bank pun sedang memproses rencana peningkatan saham di OJK dan regulator di tempat asalnya, Korea Selatan.

“Ini adalah bukti, bahwa akuisisi KB Kookmin Bank adalah langkah nyata dati optimism terhadap Bank Bukopin sebagai bank penyalur kredit retail dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Adhi.

Hal sama disampaikan Direktur Manajemen Risiko Bank Bukopin, Jong Hwan Ha yang baru ditunjuk sebagai perwakilan KB Kookmin Bank. Menurutnya, KB Kookmin Bank akan segera merealisasikan rencana menjadi pemegang saham pengendali Bukopin dengan meningkatkan porsi saham dari 22% menjadi 51%.

Sementara OJK melalui Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo, kemarin (11/6), menyatakan telah menerima pernyataan dari KB Kookmin Bank mengenai rencana ini. Bank asal negeri Gingseng ini disebut telah menyediakan dana di escrow account untuk menjadi pemegang saham pengendali menggeser Bosowa Corporindo milik keluarga pengusaha Aksa Mahmud. Juga akan memupuskan upaya BNI yang sebelumnya memiliki keinginan sama.

(Baca: Bukopin Kantongi Dana Segar dari Kookmin Bank)

Tentang KB Kookmin Bank

KB Kookmin Bank saat ini tercatat dalam 10 besar bank di Asia dengan total aset per 31 Desember 2019 sebanyak Rp 4.675 triliun atau tumbuh 8,5% dibanding 2018. Bank ini merupakan bagian dari KB Financial Group dan tercatat mencapai net income terbesar di Korea Selatan sepanjang 2019. Sahamnya telah tercatat di Korea Exchange (KRX) sejak 10 Oktober 2008 dan di New York Stock Exchange (NYSE) sejak 29 September 2008.

Selain mencapai net income terbesar di Korea Selatan pada 2019, KB Kookmin Bank juga mendapat peringkat pertama dalam National Consumer Satisfaction Index 2019 dan peringkat pertama National Brand Competitive Index di sektor perbankan selama 16 tahun berturut-turut dari Korea Productivity Center. Juga meraih penghargaan Korea Consumer Trust Leading Brand Award 2019 di sektor perbankan selama 13 tahun berturut-turut dari Korea Brand Management Association.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...