Masuk Era Normal Baru, Pemerintah Umumkan Tahun Ajaran Baru Sore Ini

Rizky Alika
15 Juni 2020, 09:07
Ilustrasi, ruangan kelas tempat belajar-mengajar. Pemerintah akan mengumumkan jadwal tahun ajaran baru 2020-2021 untuk semua tingkat pendidikan sore ini.
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.
Ilustrasi, ruangan kelas tempat belajar-mengajar. Pemerintah akan mengumumkan jadwal tahun ajaran baru 2020-2021 untuk semua tingkat pendidikan sore ini.

Pemerintah akan mengumumkan kebijakan mengenai tahun ajaran baru sekolah 2020-2021 pada Senin (15/6) sore, pukul 16.30 WIB. Pengumuman tahun ajaran baru ini diharapkan akan memberikan kepastian kepada para orang tua terkait pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di era normal baru.

Rencananya, pengumumkan kebijakan tahun ajaran baru ini akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi, Kepala Badan Nasional Penanggulanggan Bencana dan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Kemudian dihadiri juga oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

Sebelumnya, ada kekhawatiran oleh para orang tua murid terkait kegiatan sekolah selama masa tatanan normal baru atau new normal. Kecemasan para orang tua murid tersebut berdasarkan atas pertimbangan keselamatan anak-anak mereka terhadap pandemi virus corona atau Covid-19.

Beberapa waktu yang lalu, Komisi Perlindungan Anak Indoanesia (KPAI) meminta sektor pendidikan dibuka paling akhir saat pemerintah menerapkan era normal baru atau new normal. KPAI meminta keselamatan anak harus menjadi prioritas utama pemerintah, sebelum mengizinkan aktivitas masyarakat pada fase baru tersebut.

Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati mengatakan, secara psikologis kemampuan anak untuk memahami pencegahan penularan pandemi corona masih sangat rendah. Sedangkan risiko terpapar virus corona pada anak-anak sama besarnya dengan orang dewasa.

Oleh karena itu, pembukaan sekolah harus mempertimbangkan tren penurunan kasus positif Covid-19 yang signifikan dan bisa dipastikan terjadi dalam jangka waktu lama.

(Baca: Tahun Ajaran Baru Mulai 13 Juli, Kapan Sekolah di DKI Akan Dibuka?)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...