Anies : Pengendalian Virus Corona di Pasar Tradisional Paling Kompleks

Image title
23 Juni 2020, 07:04
anies baswedan, pasar tradisional, virus corona, penyebaran virus
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ilustrasi. Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah dengan tingkat penyebaran virus di pasar tradisional yang sangat tinggi.

Pasar tradisional menjadi salah satu tempat yang berisiko menyebarkan virus corona. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut upaya pengendalian penyebaran Covid-19 paling kompleks.

"Kadang, satu kasus ramai dalam satu hari, kita harus lihat keseluruhan dan secara umum terkendali. Tapi memang benar, pasar itu paling kompleks pengendaliannya," kata Anies di Jakarta, Senin (22/6).

Meskipun begitu, Anies mengklaim, penyebaran virus di 153 pasar tradisional yang berada di Jakarta masih terkendali dengan baik. Hingga saat ini, penyebaran virus di ibu kota terus menunjukkan tren positif.

Sejak diterapkannya masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar, tingkat reproduksi efektif virus berangsur-angsur menurun. Pada Senin (22/6), tingkat Rt turun dari 0,99 pada awal Juni saat masa transisi di mulai menjadi 0,98. 

Berdasarkan ketentuan organisasi kesehatan dunia atau WHO sebuah wilayah dapat melakukan masa transisi ketika tingkat penyebaran virus di bawah 10%. Adapun Anies mengklaim penyebaran virus corona di Jakarta berada di bawah 5%.

(Baca: Klaim Reproduksi Corona Menurun, Anies Tak Tambah Aturan PSBB Transisi)

Kendati demikian, ia meminta masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. "Jadi kondisi kita masih aman tapi jangan karena merasa aman, lalu kita rileks. Ini harus tetap waspada, wabahnya belum selesai, kedisiplinan masih harus dilakukan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...