Kawal Covid-19: Jalur Pantura Semarang-Surabaya Rawan Penularan Corona

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2020, 13:18
kawal covid, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Jalur pantura perbatasan Kabupaten Demak - Kota Semarang, Demak, Jawa Tengah, Kamis (28/5/2020). Kawal Covid-19 menyebut wilayah jalur Pantura antara Surabaya dan Semarang berisiko tinggi penularan corona.

KawalCOVID-19.id menilai bahwa jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa yang menghubungkan Surabaya dan Semarang berisiko tinggi penularan virus corona. Hal tersebut terlihat dari data Indeks Kewaspadaan Kota/Kabupaten yang mereka luncurkan pekan lalu.

Mereka menggunakan beberapa indikator untuk dalam indeks kewaspadaan corona ini. Faktor yang masuk adalah jumlah kasus positif, angka pasien dalam pengawasan (PDP), tingkat kematian kasus terkonfirmasi, angka kematian PDP, serta jumlah orang yang dites.

Selain itu ada tingkat kesembuhan pasien positif dan PDP, jumlah orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP), serta banyaknya penduduk di suatu kawasan. Berdasarkan indeks tersebut, beberapa wilayah seperti Gresik, Lamongan, Tuban, Rembang, Kudus, dan Demak merupakan wilayah berisiko tinggi penularan.

Demikian pula kabupaten yang bersebelahan dengan jalur Pantura seperti Bojonegoro, Blora, dan Grobogan memiliki risiko yang relatif sama. Mereka memperkirakan zona merah ini terbentuk karena interaksi warga lokal dengan penduduk kabupaten di sebelahnya.

“Tren penularan via Pantura antara Surabaya-Semarang semakin jelas selama dua minggu ini,” kata Koordinator Data KawalCOVID-19 Roland Bessie dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/6).

(Baca: Daftar 57 Wilayah Zona Merah Corona RI, Terbanyak Berada di Jawa Timur)

Berdasarkan peta yang dikeluarkan KawalCOVID-19, baik Kota Surabaya maupun Kabupaten Gresik memiliki indeks kewaspadaan tingkat 6 atau tertinggi. Sedangkan Kota Semarang dan Kabupaten Demak berada pada tingkat kewaspadaan nomor 5. Adapun angka kewaspadaan corona di Kabupaten Bojonegoro, Rembang, dan Lamongan ada di nomor 4.

Namun hal yang sama tidak terlihat pada rute Pantura antara Semarang dengan Jakarta. Hampir 12 kabupaten dan kotamadya yang dilalui jalur ini tidak berwarna merah gelap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...