Berkurang Jadi 53 Wilayah, Ini Daftar Zona Merah Corona di Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
3 Juli 2020, 15:11
zona merah, virus corona, covid-19
Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Tim COVID Hunte di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.Hingga Jumat (2/7) Jumlah zona merah corona di RI menurun jadi 53 kabupaten/kotamadya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan perubahan pada daftar zonasi virus corona pekan ini. Dari data mereka, jumlah zona merah atau berisiko tinggi penyebaran penyakit tersebut berkurang menjadi 53 dari 57 pada minggu lalu.

Begitu pula zona hijau juga berkurang dari 112 menjadi 99 serta zona kuning yang menyusut dari 188 jadi 185. Tambahan justru terjadi pada zona oranye atau risiko sedang penularan corona dari 157 menjadi 177.

Advertisement

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta agar daerah yang sudah masuk zona hijau dan kuning tetap mengantisipasi penularan corona.

Menurutnya penetapan zona tersebut tidak serta-merta membuat suatu daerah bebas dari risiko Covid-19. “Jadi dia harus tetap menjaga jangan sampai ketularan dari tempat lain," katanya di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (3/7).

(Baca: Jumlah Zona Hijau Virus Corona di RI Turun Menjadi 99 Wilayah )

Dari laman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah zona merah terbanyak masih berada di Jawa Timur yakni 11 kabupaten/kotamadya. Meski demikian, angkanya berkurang dari laporan pekan lalu yakni 13 titik.

Selain itu ada juga daerah yang pada pekan ini mencatatkan zona merah seperti Kota Balikpapan di Kalimantan Timur. Adapun Provinsi Gorontalo berhasil menghapus warna merah dari wilayahnya minggu ini.

Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, berikut daftar lokasi zona merah corona:

Sumatera Utara: Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, dan Kota Pematang Siantar.

Sumatera Selatan: Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

Sulawesi Utara: Kabupaten Minahasa dan Kota Manado.

Sulawesi Selatan: Soppeng, Gowa, Kota Makassar, dan Kota Pare pare.

Papua: Kabupaten Jayapura.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement