Dampak Pandemi, Pertumbuhan Industri Makanan Minuman Tak Capai Target

Image title
8 Juli 2020, 14:57
makanan minuman, corona, gapmmi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Kue kering dalam kemasan di Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Pengusaha makanan dan minuman (8/7) menyebut target penjualan mereka meleset pada kuartal I 2020 akibat pandemi.

Munculnya pandemi virus corona berdampak pada pertumbuhan bisnis makanan dan minuman kuartal satu 2020. Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) mengatakan penjualan mamin tiga bulan pertama tahun ini hanya tumbuh 2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Angka tersebut meleset dari target yang mereka tetapkan awal tahun yakni 2,5%. Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik Gapmmi Rachmat Hidayat mengatakan penurunan terjadi pada air minum dalam kemasan dan minuman ringan seiring adanya kebijakan pembatasan kerumunan.

“Di awal tahun pertumbuhan masih bagus tapi anjloknya mulai bulan Maret saat wabah mulai merebak," kata Rachmat kepada Katadata.co.id, Rabu (8/7).

(Baca: Peternak Sebut Harga Ayam Naik karena Turunnya Pasokan Imbas Pandemi)

Namun ada pula jenis makanan dan minuman yang tetap berjaya di kala pandemi. Rachmat mengatakan jenisnya terdiri dari bumbu dapur, saus, mentega, mie instan, serta produk-produk makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh. “Lalu susu kemasan besar dan makanan kaleng juga meningkat,” kata Rachmat.

Rachmat juga mengatakan dampak virus corona memaksa Gapmmi mencoret target pertumbuhan yang ditetapkan tahun ini sebesar 10%. Mereka hanya mampu mematok target 4-5% dan telah disesuaikan dengan asumsi pertumbuhan ekonomi yang diprediksi minus 2% imbas Covid-19. "Angka ini sangat besar karena kami terpangkas separuhnya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...