Empat Anak Usaha PGN Ikut Lelang Operator Proyek Cisem Tahap I

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Juli 2023, 18:16
pgn, proyek cisem
Pertamina
Ilustrasi pipa gas PGN.

Kementerian ESDM mengatakan ada empat badan usaha yang mengikuti lelang terbatas sebagai calon operator atau transporter gas pipa transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I yang mencakup ruas Semarang - Batang. Empat badan usaha tersebut seluruhnya merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi (Migas), Laode Sulaeman, mengatakan anak usaha PGN yang ditetapkan sebagai operator gas pipa transmisi Cisem tahap I nantinya akan bekerja sama dengan badan usaha pemerintah dan Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi atau Lemigas.

"Ada empat (perusahaan) yang ikut lelang terbatas, semua anak usaha di bawah PGN," kata Laode di Kementerian ESDM pada Senin (17/7).

Laode menjelaskan, pemenang lelang bakal menjadi mitra Lemigas dalam menjalankan penyaluran gas bumi pada pipa transmisi Cisem tahap I. Artinya, ujar Laode, pemenang lelang tidak memiliki hak operasi. "Bentuk kerja samanya adalah kerja sama operasi, hak operasinya masih di pemerintah," ujar Laode.

Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengungkapkan bahwa saat ini progres pembangunan pipa transmisi gas bumi Cisem tahap I pada 16 Juli mencapai 96%. Pipa gas bumi ruas Semarang - Batang itu ditargetkan selesai pada Agustus 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...