SDG’s Genjot Kolaborasi Pembangunan Berkelanjutan di Desa

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
27 Agustus 2021, 14:12
Katadata SAFE 2021 #3
Katadata

Jakarta - Kolaborasi berbagai pihak guna mendorong pembangunan berkelanjutan di daerah semakin nyata. Prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) semakin menancap dalam setiap program pembangunan dan pengembangan daerah hingga ketingkat desa.

Fakta tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, yang juga merupakan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Management Board & Gorontalo Regency Regent, dalam Webinar Katadata SAFE 2021, bertajuk 'Collaboration to Accelerate Village Development', Jumat (27/8/2021).

"Jadi desa sudah punya SDGs dan ini sudah diimplementasikan oleh seluruh kepala desa di Gorontalo," ujar Nelson.

Dia menjabarkan pengimplementasian pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Gorontalo fokus baik kepada pengembangan potensi sumber daya alam setempat, hingga pengembangan sumber daya manusia. Hal tersebut tentu tetap mengedepankan kelestarian lingkungan.

"Di Kabupaten Gorontalo, selain kami punya pertanian, perternakan, dan perikanan, kami juga mendorong pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kaitannya usaha masyarakat. Kita dorong sitem pertanian terpadu, kita juga lakukan dari hulu sampai hilir," tambahnya.


Kemudian terkait peningkatan kualitas SDM, dia mengatakan, LTKL sangat berperan dalam meningkatkan kapasitas SDM Pemda setempat. Baik dari sisi kita baik dari perencanaan, penganggaran, samapai sistim pemasaran produk yang dihasilkan.

"Ini kita tularkan sampai tingkat desa sehingga bisa memaksimalkan pasar," tegasnya.

Lebih lanjut menurut dia, SDGs desa juga fokus pada adaptasi kebiasaan baru merespons Pandemi COVID-19 saat ini. Penggunaan dana desa juga difokuskan untuk pemulihan ekonomi dan upaya mendorong warga di desa untuk beradaptasi.

LTKL juga menurutnya, meningkatkan kolaborasi Pemda dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Baik itu dengan LSM, NGO atau dengan swasta dengan memaksimalkan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

"Kita membangun desa tidak bisa sendiri apalagi APBD kita terbatas. Ini semua kita kerja samakan dengan desa tidak hanya kabupaten. Karena kita yakin kalau desa maju, kecamatan hingga kabupaten juga bisa maju," tegasnya.

Merespons hal tersebut, Corporate Secretary, PT Pertamina Brahmantya S Poerwadi memastikan, pihaknya akan terus meningkatkan kolaborasi dan kerja sama dengan Pemda setempat guna mendorong pembangunan berkelanjutan. Khususnya yang berbasis potensi daerah setempat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...