Delapan Daerah Potensial untuk Investasi di Sektor Digital

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
30 November 2021, 15:45
Delapan Daerah Potensial untuk Investasi di Sektor Digital
Katadata

Jakarta, 30 November 2021 - Potensi investasi di sektor digital pada berbagai wilayah di Indonesia mulai merata seiring masifnya pembangunan infrastruktur dan penetrasi digital di daerah. Hasil studi Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa kota satelit yang memiliki daya tarik investasi di sektor digital semakin bermunculan di berbagai daerah.

Menurut perhitungan Indeks Potensi Investasi Daerah di sektor digital oleh KIC terdapat delapan daerah yang memiliki daya tarik tinggi untuk investasi di sektor digital. Ke delapan daerah tersebut mendapatkan penghargaan dari KIC sebagai Daerah dengan Potensi Investasi Terbaik di Sektor Digital di acara Regional Summit yang diselenggarakan secara virtual pada 30 November 2021.

Ke delapan potensial merupakan pemenang mewakili masing-masing regional di wilayah Indonesia. Khusus untuk Pulau Jawa yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi dengan jumlah kota dan kabupaten yang memiliki infrastruktur dan penetrasi digital yang tinggi, penghargaan diberikan kepada tiga daerah.

Pada wilayah Sumatera, Kota Medan menjadi daerah terbaik. Skor ibu kota Provinsi Sumatera Utara tersebut mencapai 46,0. Di wilayah Jawa, Kota Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Surabaya menjadi daerah terbaik. Dua daerah dari Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung dan Kota Bekasi mencatatkan skor yang sama yaitu 55,1. Sedangkan Kota Surabaya dengan skor sebesar 53,9.

Kota Balikpapan menjadi daerah terbaik di Kalimantan. Daerah terpadat di Kalimantan Timur tersebut mencatatkan skor sebesar 42,0. Di Sulawesi, Kota Makassar menjadi pemenang daerah terbaik dengan skor sebesar 42,1.

Pada wilayah Bali-Nusa Tenggara, Kota Denpasar menjadi daerah terbaik. Ibu Kota Provinsi Bali tersebut mencatatkan skor 43,9. Sementara itu, Kota Jayapura menjadi daerah terbaik di wilayah Maluku-Papua. Kota Jayapura mencatatkan skor 38,1.

KIC menyusun Indeks Potensi Investasi Daerah di Sektor Digital untuk mengukur kesiapan dan potensi daerah terhadap investasi digital. Selain itu, indeks ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para perusahaan digital untuk melakukan investasi dan pengembangan di daerah. Secara lebih dalam, skor Indeks Potensi Investasi Daerah di Sektor Digital dapat dilihat dari sebaran skor empat sub-indeks, yaitu daya tarik ekonomi, infrastruktur dan logistik, kesiapan digital, serta kesiapan finansial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...