Brand Awareness Adalah Salah Satu Metode Pemasaran, Ini Penjelasannya

Image title
4 April 2022, 12:28
ilustrasi, strategi brand awareness. Brand awareness adalah salah satu metode pemasaran, yang bertujuan agar konsumen mengenali, memahami, dan percaya akan produk yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan.
unspalsh.com
ilustrasi, strategi brand awareness. Brand awareness adalah salah satu metode pemasaran, yang bertujuan agar konsumen mengenali, memahami, dan percaya akan produk yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan.

Brand awareness adalah istilah umum dalam pemasaran dan periklanan untuk menggambarkan seberapa akrab konsumen dengan produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan. Teknik ini sangat penting supaya produk tersebut dapat melekat pada ingatan konsumen.

Ada beberapa cara untuk membangun brand awareness kepada konsumen. Dalam hal ini komunikasi publik yang disampaikan melalui ikan harus tepat sasaran serta berkelanjutan. Sehingga konsumen dapat mengingat betul produk yang memang sedang mereka cari.

Advertisement

Brand awareness adalah sebuah langkah pertama yang harus dibangun agar produk tidak hanya dibeli oleh konsumen baru saja. Lebih dari itu, cara ini dapat membawa kembali pelanggan tetap agar mau membeli barang atau jasa tersebut.

Singkatnya brand awareness adalah salah satu metode pemasaran yang memiliki dampak besar terhadap kepercayaan konsumen pada produk. Metode ini harus dipahami dengan benar sebelum memperkenalkan produk tersebut ke pasaran.

Guna memahami apa itu brand awareness dan bagaimana konsepnya, simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Brand Awareness?

Melansir dari Bynder.com, brand awareness adalah sebuah ukuran seberapa mudah suatu merek diingat dan dikenal oleh konsumen yang menjadi targetnya. Untuk membangun brand awareness ini harus dilakukan strategi komunikasi yang tepat.

Membangun sebuah pemahaman tentang brand awareness adalah strategi pemasaran yang mengarahkan konsumen untuk mengembangkan preferensi naluriah terhadap merek. Dengan begitu mereka akan memiliki pandangan positif terhadap sebuah produk yang baru saja dikeluarkan.

Membuat merek dikenali dan diingat oleh konsumen, termasuk salah satu dari strategi pemasaran. Brand awareness adalah metode paling jitu karena merupakan kekuatan utama di balik kepercayaan konsumen pada merek. Sampai pada akhirnya mereka mau terus membeli dan menghasilkan penjualan.

Bisa dibilang kemampuan konsumen untuk mengenali serta mengingat sebuah produk akan membawa banyak dampak positif. Guna mencapai tingkat ini, perusahaan membutuhkan brand awareness agar basis konsumen yang menjadi target mereka bisa terbentuk.

Saat basis konsumen ini terbentuk maka mereka sudah mengamankan satu kunci untuk bersaing dengan perusahaan lain. Artinya, brand awareness adalah sebuah konsep yang harus dibangun kepada konsumen agar mereka selalu percaya dan merasa puas terhadap sebuah merek.

Konsep Brand Awareness

Di Indonesia merek air mineral yang sangat populer dan dikenal oleh masyarakat adalah Aqua. Merek ini sudah sangat melekat di keseharian semua orang. Salah satu indikator yang terlihat misalnya, saat seseorang ingin meminum air mineral, maka hal pertama yang terlintas dalam benaknya yaitu produk tersebut.

Contoh lainnya yaitu produk pasta gigi bernama Odol. Hampir semua orang di Indonesia sering kali menyebut semua jenis pasta gigi dengan nama brand tersebut. Padahal Odol adalah nama sebuah merek dari pasta gigi yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Dua contoh di atas merupakan keberhasilan dalam membangun brand awareness. Sebab, brand awareness adalah sejauh mana merek diakui oleh pelanggan potensial dan dikaitkan dengan benar terhadap produk atau layanan tertentu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement