Rusun Milenial untuk Penghasilan Rendah Rp8 Juta Rekomendasi PUPR

Andi M. Arief
4 April 2022, 20:58
Rusun
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.
Foto udara pembangunan rusunawa di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (31/3/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan rumah susun (rusun) menjadi salah satu solusi penyediaan rumah di perkotaan. Salah satu rusun yang disoroti adalah rusun berkonsep transit oriented development (TOD), seperti Rusun Samesta Mahata Margonda, di Depok, Jawa Barat. 

Seperti diketahui, Rusun Samesta Mahata Margonda terintegrasi dengan Stasiun Pondok Cina yang dilintasi Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Bogor - Jakarta Kota. Rusun ini memiliki 940 unit dan merupakan hasil kerja sama Perum Perumnas dan PT KAI. 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan, lokasi Rusun Samesta Mahata Margonda yang berada di wilayah satelit Jakarta membuat harganya lebih terjangkau bagi kalangan milenial. Adapun, target pasar dari rusun ini adalah kalangan milenial perkotaan dengan penghasilan Rp 8 juta sampai Rp 12 juta. 

“Dalam kesempatan ini, kami mendorong skema pembiayaan baru khususnya untuk satuan rumah susun, seperti Skema KPR Sewa Beli atau Rent-to-own bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta skema KPR Milenial yang terjangkau," kata Fatah dalam keterangan resmi, Senin (4/4). 

Adapun, rusun berkonsep TOD menjadi salah satu pilihan bagi 60% kalangan milenial. Sebagai informasi, TOD menuntut adanya keterpaduan antara pola dan struktur ruang wilayah, seperti perumahan, fasilitas komersial, ruang rekreasi dengan sarana transportasi umum yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

Fatah menyebutkan, Rusun Samesta Mahata Margonda ini mendukung implementasi konsep TOD. Selanjutnya, pembangunan hunian berkonsep TOD juga akan dilakukan pada kawasan terminal bus.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR mencatat pemilikan rumah layak pada 2020 baru mencapai 56,75%. Pemerintah menargetkan angka itu naik menjadi 70% pada 2024. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...