Penataan Cagar Budaya Benteng Pendem Rampung 2023

Andi M. Arief
18 April 2022, 11:48
Kawasan Cagar Budaya Benteng Pendem.
Humas Kementerian PUPR
Kawasan Cagar Budaya Benteng Pendem.

Penataan Kawasan Cagar Budaya Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi ditargetkan rampung pada 2023. Saat ini, perkembangan konstruksi telah mencapai 75%. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat biaya yang dihabiskan dalam proyek rehabilitasi tersebut mencapai Rp 113,7 miliar.  PT Nindya Karya Tbk bertanggung jawab untuk merehabilitasi 13 bangunan dan penataan kawasan inti Benteng Pendem. 

"Karena kawasan Benteng Pendem ini merupakan cagar budaya, penataannya harus dilakukan secara hati-hati agar nilai kulturalnya tetap terjaga," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (18/4). 

Penataan bangunan cagar budaya meliputi barak tentara, mess perwira, dapur umum, kediaman dan kantor jenderal, bastion, dan gerbang. Sementara itu, Nindya Karya juga harus membangun beberapa infrastruktur dasar, seperti jalan, drainase, pedestrian, dan lansekap. 

Proyek Penataan Benteng Pendem atau Benteng Van Den Bosch merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang mengunjungi tempat wisata tersebut pada 1 Februari 2019. Penataan  kawasan tersebut dimulai pada 10 Desember 2020. Konsep revitalisasi Benteng Pendem disesuaikan dengan fungsi kawasan sebagai tujuan wisata dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR Boby Ali Azhari mengatakan lokasi ini bisa menjadi destinasi wisata pilihan di Kabupaten Ngawi. Benteng Pendem dapat dijangkau sekitar 2 jam dari Kota Surabaya via Tol Trans Jawa.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...