Erick Thohir: Produk Alat Hankam Kita Harus Masuk 50 Besar Dunia

Image title
Oleh Yanuar
4 Juni 2022, 15:14
Produk Alat Hankam Harus Masuk 50 Besar Dunia
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Perusahaan milik negara ini gencar memperkuat ekosistem pertahanan nasional dengan produksi alat pertahanan dan keamanan (Alpahankam) asli buatan dalam negeri.

Target Menteri BUMN Erick Thohir tidak main-main, yakni Defend ID harus masuk 50 besar dunia pada 2024, hanya dua tahun setelah didirikan.

"Produk Alpalhankam tidak hanya harus memenuhi kebutuhan di dalam negeri dengan nilai TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) bagus, tetapi holding juga ditargetkan bisa masuk dalam jajaran 50 terbaik perusahaan pertahanan global," kata Erick saat peresmian di Surabaya.

Holding ini beranggotakan lima perusahaan, yakni PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Pindad, dan PT Dahana dengan induk holding PT LEN Industri.

Erick juga minta pembentukan holding mampu meminimalisir terjadinya tumpang tindih fokus bisnis masing-masing anggota holding.

Salah satu anggota anggota holding, PT Pindad bertekad menaikkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga 70 persen seperti diminta Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Strategi Bisnis (Dirstranis) Pindad, Syaifuddin mengatakan, komponen TKDN yang terkandung dalam produk Pindad tidak sekadar memenuhi muatan lokal, tetapi mampu berperan dalam rantai pasok global.

"Kita patut berbangga dengan produk dalam negeri, khususnya produk Senjata Pindad yang saat ini nilai TKDN-nya mencapai 70 persen ke atas," ujar Syaifuddin saat menghadiri acara talkshow Business Matching di Jakarta, Jumat, 3 Juni 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...