Luhut Ungkap Lima Sektor Prioritas Investasi Cina di Indonesia

Tia Dwitiani Komalasari
22 Februari 2023, 08:22
Forum Kemitraan Bisnis Indonesia Tiongkok
Katadata
Forum Kemitraan Bisnis Indonesia Tiongkok

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ada lima sektor prioritas investasi Cina di Indonesia. Pada 2022, Cina merupakan negara kedua yang menjadi investor terbesar di Indonesia yaitu mencapai US$ 8,2 miliar atau naik 156,25% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Lima sektor prioritas investasi Cina di Indonesia adalah logam; transportasi dan telekomunikasi; listrik, gas, dan air;  kawasan industri dan properti; serta kimia dan farmasi,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Forum Kemitraan Bisnis Indonesia-Cina ketiga pada Selasa (21/2).

Luhut mengatakan, pemerintah Indonesia tengah melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah fokus kepada berbagai bidang investasi.

“Investasi akan fokus pada sektor yang memberikan kemampuan untuk mendukung visi Indonesia Maju 2045, misalnya industri pengolahan nikel, mobil listrik, baja, jalan tol, bandar udara, dan pelabuhan bertaraf internasional. Selain itu, Indonesia juga akan memprioritaskan industri start-up, marketplace, dan pasar daring,” tambah Menko Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...