Mudik dengan Motor via Pelabuhan Ciwandan, Cek Jadwal dan Harganya

Image title
16 April 2023, 10:32
Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), terus mematang pengoperasian Pelabuhan Ciwandan Banten untuk memecah kepadatan para pemudik pengguna sepeda motor yang ingin ke Pulau Sumatera pada Angkutan
Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), terus mematang pengoperasian Pelabuhan Ciwandan Banten untuk memecah kepadatan para pemudik pengguna sepeda motor yang ingin ke Pulau Sumatera pada Angkutan Lebaran (Angleb) 2023 mendatang (8/4/2023).

Mudik lebaran 2023 tahun ini, pemerintah mengatur pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Jawa menuju Sumatera untuk menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan. Aturan yang sama berlaku juga untuk kendaraan angkutan barang atau angkutan logistik.

Peraturan ini telah diumumkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (11/4). Di Sumatera, pemerintah menambah pelabuhan baru yaitu Pelabuhan Panjang untuk mengurangi penumpukan di Pelabuhan Bakauheni.

Dengan begitu, pemudik motor yang menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan dapat mengatur pelabuhan tujuan, Bakauheni atau Panjang. Adapun waktu tempuh Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang berkisar enam jam.

Untuk rute Ciwandan-Bakauheni dapat ditempuh pemudik motor pada 15-21 April. Sementara untuk rute Ciwandan-Panjang baru dapat diakses pada 19-21 April. Tiket untuk menyeberang dapat dibeli melalui aplikasi Ferizy maksimal H-1 keberangkatan dan tak disediakan layanan penjualan tiket di tempat.

Harga tiket dari Pelabuhan Ciwandan berbeda-beda berdasarkan golongan. Satu penumpang dewasa yang membawa motor di bawah 500cc dan gerobak dorong dikenai biaya Rp 58.550. Untuk motor di atas 500cc dan kendaraan roda tiga dikenakan biaya Rp126.350.

Untuk rute Ciwandan-Bakauheni, pemerintah telah menyediakan 12 unit kapal RoRo, sementara untuk Ciwandan-Panjang akan menggunakan tiga unit kapal milik PT Pelni dan PT ALP. Total lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan disiagakan untuk mengantisipasi kedatangan pemudik motor, yaitu dermaga 02, 03, 05A, 06 dan 07. Rencananya dijadwalkan 24 perjalanan per hari melalui lima dermaga ini.

Untuk memudahkan pemudik, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan untuk mensosialisasikan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan khusus untuk sepeda motor dan angkutan barang sejak jauh-jauh hari.

Salah satunya dengan menambah rambu-rambu lalu lintas sebagai penunjuk arah untuk menuju Pelabuhan Ciwandan. "Sehingga masyarakat yang belum tahu arah Ciwandan ke mana menjadi tahu dan tidak terjadi crowded," kata dia mengutip Antara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...