Astra Honda Motor akan Luncurkan Motor Listrik Semester II 2023

 Zahwa Madjid
19 April 2023, 16:17
Pengunjung mengamati sepeda motor listrik pada pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Pengunjung mengamati sepeda motor listrik pada pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak dalam kendaraan bermotor roda dua umumkan rencana memproduksi tujuh model motor listrik. Rencana produksi tujuh model motor listrik ini hingga 2030, karena perusahaan menyiapkan ekosistem pendukungnya.

Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor Johannes Loman mengatakan perusahaan akan mulai memperkenalkan kepada publik pada semester kedua tahun ini. “Saat ini sedang mempersiapkan layanan purnajual seperti pelatihan dan menyiapkan ekosistem baterai seperti swapping battery atau penukaran baterai dan charging station," kata Johannes dalam RUPST Astra International, Rabu (19/4).

Astra menargetkan pertumbuhan 10%-12% untuk pasar motor listrik. “Kami berkomitmen untuk terus memperkenalkan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik dan hybrid kepada publik,” kata Johannes.

Grup konglomerasi Astra International mencatatkan laba bersih sebesar Rp 8,72 triliun pada kuartal I 2023. Sebanyak 35% dari laba bersih tersebut atau Rp 3,03 triliun didapat dari divisi otomotif Astra. Laba bersih divisi otomotif ini meningkat 36% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, penjualan mobil berhasil meningkat sebesar 6% dan penjualan sepeda motor melonjak 51%. Dia juga menilai, meskipun kinerja grup pada sisa 2023 berpotensi dipengaruhi situasi ekonomi global dan pelemahan komoditas.

“Namun grup optimistis, namun tetap cermat melihat ketahanan ekonomi Indonesia," kata Djony dalam keterangan resmi, Rabu (19/4).

Secara nasional, Gaikindo mencatat penjualan mobil meningkat 7% menjadi 282 ribu unit pada kuartal I 2023. Meski Astra berhasil meningkatkan penjualan unit mobil sebanyak 6% atau 15- ribu unit, pangsa pasar Astra turun satu persen, menjadi 53%.

Sedangkan penjualan sepeda motor nasional meningkat 44% menjadi 1.824.000 unit pada kuartal I 2023. Penjualan motor Astra juga meningkat 51% dan mengerek pangsa pasar sepeda motor Astra dari 75% menjadi 79%.

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...