Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker di Indomie, Ini Tiga Faktanya

Tia Dwitiani Komalasari
26 April 2023, 10:11
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan
Departemen Kesehatan Taiwan via Taiwannews.com
Indomie Rasa Ayam Spesial yang diperiksa di Taiwan

Departemen Kesehatan Taiwan menyatakan telah menemukan zat pemicu kanker pada dua merek mie instan dari Asia Tenggara. Salah satu mereka mie instan tersebut adalah Indomie Rasa Ayam Spesial.

Dikutip dari The Star, penemuan tersebut berdasarkan pemeriksaan mie instan yang tersedia di Taiwan pada 24 April 2023. Selain Indomie, zat pemicu kanker juga ditemukan di Mie Kari Putih Ah Lai dari Malaysia.

Kepala Divisi Makanan dan Obat-obatan Departemen Kesehatan Taiwan, Chen Yi-ting, mengatakan inspeksi mie instan dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba ada, hypermarket, pasar basah tradisional, toko makanan Asia Tenggara dan importir grosir di kota.

Berikut tiga fakta penemuan zat pemicu kanker pada Indomie:

1. Mengandung Etilen Oksida

Departemen Kesehatan Taiwan mengatakan bahwa kedua merek tersebut mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Sebagai informasi, etilen oksida beracun jika dikonsumsi atau dihirup. Selain menyebabkan limfoma dan leukemia, etilen oksida juga dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit dan mata siapa pun yang bersentuhan dengan zat tersebut dan bahkan memicu cacat lahir dan keturunan.

2. Produk Ditarik di Taiwan

Pengecer telah diminta untuk menarik dua produk dari rak mereka. Sementara importir produk akan didenda antara NT$60.000 dan NT$200 juta.

3. Terdaftar di BPOM RI

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, merek mie instan Indomie Rasa Ayam Spesial telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. Artinya, BPOM RI menyatakan bahwa merek tersebut aman dikonsumsi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...